• Selasa, 16 Agustus 2022

Teten Masduki Ajak Perajin Tempe Kreatif Manfaatkan Kacang Koro Sebagai Bahan Baku

- Senin, 4 April 2022 | 12:28 WIB
Teten Masduki Ajak Perajin Tempe Kreatif Manfaatkan Kacang Koro Sebagai Bahan Baku. (Kemenkop UKM)
Teten Masduki Ajak Perajin Tempe Kreatif Manfaatkan Kacang Koro Sebagai Bahan Baku. (Kemenkop UKM)

KETIKNEWS.ID,-- Gejolak kebutuhan dan harga kacang kedelai, di prediksi akan terus berlanjut. Terutama, bagi para perajin tempe dan tahu di Indonesia.

Pasalnya, 95% kebutuhan kedelai nasional dipasok dari impor. Dan dari jumlah itu, 60% diantaranya diserap untuk produksi tempe dan tahu dalam negeri.

Dan diperkirakan, hingga Juli 2022, harga komoditas kedelai akan terus naik. Tentu saja, hal ini berimplikasi pada ketersediaan tempe dan tahu di pasar.

Baca Juga: Bareskrim Tangkap Dalang Perekrut Afiliasi Binomo

Dengan kondisi seperti itu, tak usah heran bila Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) Teten Masduki terus tancap gas melaju mengembangkan perkebunan Kacang Koro berbasis koperasi di Indonesia.

"Kita akan kembangkan Kacang Koro sebagai substitusi kedelai impor. Gerakan Koronisasi akan terus kita gaungkan," tegas MenKopUKM, pada pembukaan acara Festival Olahan Pangan Lokal Berbasis Kacang Koro, di Kota Bogor, Jawa Barat, Jumat 1 April 2022 lalu.

Menteri Teten juga mengajak para perajin tempe dan tahu untuk kreatif dengan tidak selalu mengandalkan bahan baku produksinya pada kedelai impor.

Baca Juga: Perpaduan Batik dan Ao Dai menyemaraki Pembukaan “Batik Week”

Terlebih lagi, pasokan kedelai dari Amerika Serikat alami kendala karena cuaca disana. Sehingga, harga kedelai terus merangkak naik.

"Menanam kedelai di Indonesia juga terbilang kurang produktif. Maka, Kacang Koro bisa menjadi alternatif bahan baku bagi para perajin tempe dan tahu," ungkap Menteri Teten.

Halaman:

Editor: Riedha Adriyana

Sumber: kemenkopukm

Tags

Artikel Terkait

Terkini

HUT RI Ke-77 Usung Konsep Sejarah Bangsa Indonesia

Senin, 15 Agustus 2022 | 10:50 WIB
X