• Jumat, 12 Agustus 2022

Rayakan 20 Tahun Gamelan Bali di Negara Bagian Montana, Puluhan Warga AS dan Diaspora Gelar Pertunjukan

- Rabu, 6 April 2022 | 11:01 WIB
Rayakan 20 Tahun Gamelan Bali di Negara Bagian Montana (Dok. KJRI San Francisco)
Rayakan 20 Tahun Gamelan Bali di Negara Bagian Montana (Dok. KJRI San Francisco)

KETIKNEWS.ID,-- Rayakan 20 tahun kelahiran kelompok gamelan Bali di negara bagian Montana, komunitas gamelan Jaya Budaya dan Manik Harum tampil memukau dalam “World Rhythm Concert: 20th Anniversary Celebration of Balinese Gamelan”. Pertunjukan ini diselenggarakan di Universitas Montana yang dihadiri oleh setidaknya seratus warga lokal (03/04/2022).

Puluhan warga AS dan diaspora Indonesia yang tergabung dalam komunitas gamelan tersebut tampil memeriahkan acara tersebut.

Baca Juga: Aksi komunitas Gayam 16 Dalam Memperkenalkan Gamelan di Prancis

Mereka terdiri dari beragam profesi, mulai dari dosen, pengajar, mahasiswa hingga pengusaha lokal AS yang telah lama bergabung dalam komunitas gamelan Bali di negara bagian Montana.

Puluhan Warga AS dan Diaspora Gelar Pertunjukan (Dok. KJRI San Francisco)

I Made Lasmawan, seorang seniman Bali yang telah tinggal sekitar 40 tahun di AS dan mendedikasikan dirinya pada dunia gamelan, memimpin tampilan gamelan dengan iringan musik yang memukau para hadirin.

Baca Juga: Sambut Kedatangan Mahasiswa Mancanegara, Australian National University Gelar Musik Gamelan Bali

Tidak kalah menarik pula, I Gede Oka Artha Negara, penari profesional asal Santa Cruz, California menampilkan tarian di antaranya Jauk Manis yang mengisahkan seorang Raja dengan karakter tegas dan lembut untuk memberikan pesan kepemimpinan yang berwibawa, bijaksana dan mengayomi rakyatnya.

Menurut Robert LedBetter, seorang guru besar Universitas Montana yang juga menjadi bagian dari grup gamelan yang tampil, partisipasi warga AS dalam perayaan gamelan Bali kali ini menjadi daya tarik tersendiri terutama bagi warga Montana.

Halaman:

Editor: Lucky Edwar

Sumber: KJRI San Fransisco

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Latihan Perang China di Kawasan Taiwan Telah Berakhir

Kamis, 11 Agustus 2022 | 13:29 WIB

PBB Puji Mesir Redakan Konflik Israel dan Gaza

Senin, 8 Agustus 2022 | 15:39 WIB
X