• Jumat, 19 Agustus 2022

Tidak Segera Keluarkan Rusia dari Keanggotaan PBB, Zelensky: Bubarkan Saja

- Kamis, 7 April 2022 | 11:01 WIB
Invasi Rusia ke Ukraina disebut memakan banyak warga sipil di wilayah Bucha (sl/Antara/Reuters/Marko Djurica)
Invasi Rusia ke Ukraina disebut memakan banyak warga sipil di wilayah Bucha (sl/Antara/Reuters/Marko Djurica)

KETIKNEWS.ID,-- Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menyerukan agar Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) untuk dibubarkan saja bila tidak segera mengeluarkan Rusia dari keanggotaan PBB.

Dikutip dari France24, Rabu (6/4/2022), Zelensky berpikiran dengan mendepak Rusia dari dewan itu, maka negeri Beruang Merah itu tak bisa lagi melontarkan veto terhadap resolusi yang mengecam invasinya ke Ukraina.

Rusia merupakan salah satu dari lima anggota tetap Dewan Keamanan PBB yang memiliki hak veto. Negara ini telah berulang kali menggunakan hak veto untuk memblokir resolusi dan negosiasi di panggung global.

Baca Juga: Kolaborasi, Pemkot Bandung dan Gojek Akan Kembali Percantik Braga

“Jika tidak ada alternatif dan tidak ada pilihan, maka opsi selanjutnya silakan membubarkan diri Anda. Hadirin sekalian, apakah Anda siap untuk menutup PBB? Dan waktu hukum internasional hilang? Jika jawaban Anda tidak, maka Anda harus segera bertindak,” dia melanjutkan.

Zelensky memberikan gambaran mengerikan tentang kekejaman yang dituding dilakukan oleh pasukan Rusia terhadap warga sipil di Bucha, sebuah kota di luar ibu kota Ukraina, Kyiv, dan menayangkan video grafis yang menunjukkan mayat, termasuk beberapa anak.

Zelensky menggambarkan kekejaman tentara Rusia kepada warganya. Tentara Rusia membunuh warganya yang tengah berada di apartemen. Tentara Rusia juga meledakkan granat di rumah warga, melindas mobil mereka sementara masih ada orang di dalam mobil itu. Lebih lagi, lanjut dia tentara Rusia memotong anggota badan dan menyayat leher warganya.

Baca Juga: Jadi Syarat Mudik, Begini Cara Isi e-HAC untuk Mudik Pakai Pesawat

Tindakan yang dilakukan pasukan Kremlin di negaranya, kata Zelensky tak ubahnya apa yang dikerjakan oleh kelompok teroris ISIS.

Halaman:

Editor: Lucky Edwar

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Apple Siap Rilis iPhone 14 Secara Daring

Kamis, 18 Agustus 2022 | 13:13 WIB

PBB Kunjungi Korsel Bahas Denuklirisasi Korut

Jumat, 12 Agustus 2022 | 18:15 WIB

Zelensky akan Ikut KTT G20 di Bali jika Putin Hadir

Jumat, 12 Agustus 2022 | 10:43 WIB

Latihan Perang China di Kawasan Taiwan Telah Berakhir

Kamis, 11 Agustus 2022 | 13:29 WIB
X