• Kamis, 18 Agustus 2022

Menlu Rusia, Aksi Militer di Ukraina untuk Mengakhiri Dominasi Amerika Serikat Lewat NATO di Dunia

- Kamis, 14 April 2022 | 13:38 WIB
Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov (Instagram currentaffairsupdate)
Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov (Instagram currentaffairsupdate)

KETIKNEWS.ID,-- Dilansir dari kantor berita Russia Today, Selasa, 12 April 2022, Lavrov menyatakan Washington telah mencari supremasi dengan memberlakukan aturan ad-hoc dan melanggar hukum internasional.

Dia mengacu pada upaya Amerika untuk memaksakan apa yang disebutnya sebagai tatanan internasional berbasis aturan. Hal ini telah mendapat perlawanan keras dari Moskow dan Beijing.

“Operasi militer khusus kami dimaksudkan untuk mengakhiri ekspansi (NATO) yang tanpa malu-malu menuju dominasi penuh oleh Amerika Serikat dan negara Barat di panggung dunia,” kata Sergei Lavrov kepada saluran berita Rossiya 24.

Baca Juga: Ridwan Kamil: Belum Vaksin Lengkap, Pemudik Divaksin di Tempat Tujuan Mudik

“Dominasi ini dibangun di atas pelanggaran berat hukum internasional dan di bawah beberapa aturan, yang sekarang sangat mereka sukai dan yang dibuat berdasarkan kasus per kasus,” ujarnya.

Rusia termasuk di antara negara-negara yang tidak akan tunduk pada kehendak Washington, ujar Lavrov. Rusia hanya akan menjadi bagian dari komunitas internasional yang setara dan tidak akan membiarkan negara-negara Barat mengabaikan masalah keamanan.

Sergei Lavrov mengecam kepala kebijakan Luar Negeri Uni Eropa Josep Borrell yang disebutnya mendorong lebih banyak pertempuran di Ukraina. Borrel sebelumnya telah mengumumkan akan menambah bantuan militer ke Kiev. Lavrov menyebut pernyataan itu "keterlaluan."

Baca Juga: BKSAP: Indonesia Konsisten Dukung Kemerdekaan Palestina

“Ketika seorang kepala diplomatik mengatakan konflik tertentu hanya dapat diselesaikan melalui aksi militer, itu pasti sesuatu yang pribadi. Dia salah bicara atau berbicara tanpa berpikir, membuat pernyataan yang tidak diminta oleh siapa pun. Tapi komentar itu keterlaluan,” ujar Lavrov.

Halaman:

Editor: Lucky Edwar

Sumber: instagram @seputar.netizen

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Apple Siap Rilis iPhone 14 Secara Daring

Kamis, 18 Agustus 2022 | 13:13 WIB

PBB Kunjungi Korsel Bahas Denuklirisasi Korut

Jumat, 12 Agustus 2022 | 18:15 WIB

Zelensky akan Ikut KTT G20 di Bali jika Putin Hadir

Jumat, 12 Agustus 2022 | 10:43 WIB

Latihan Perang China di Kawasan Taiwan Telah Berakhir

Kamis, 11 Agustus 2022 | 13:29 WIB
X