• Jumat, 19 Agustus 2022

Gerakan Islam Bawah Tanah NII, Berpotensi Ganti Paham Ideologi Bangsa

- Kamis, 14 April 2022 | 16:03 WIB
Gerakan Islam Bawah Tanah NII (Ilustrasi dari Pixabay)
Gerakan Islam Bawah Tanah NII (Ilustrasi dari Pixabay)

KETIKNEWS.ID,-- Gerakan Islamis bawah tanah, NII atau Negara Islam Indonesia, kini sudah berkembang sedemikian rupa. Polri menyebut jaringan NII sekarang memiliki ribuan anggota.

Di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), sudah ada 1.125 orang yang tercatat menjadi anggotanya. yang menjadi salah satu alasan mengapa gerakan NII , masih menjadi berkembang di Indonesia.

Selain di Sumbar, NII juga berkembang di beberapa kota besar, meliputi Jakarta, Tangerang, Jawa Barat, Bali, Sulawesi, dan Maluku. Polri terus melakukan pengajaran dan penangkapan atas mereka yang terlibat dalam NII.

Baca Juga: Wapres Serahkan Bansos Bagi Masyarakat Aceh

Pada tanggal 25 Maret, 16 terduga teroris kelompok NII ditangkap Densus 88 di Sumbar. Kemudian Densus 88 berhasil menangkap lima terduga teroris NII di wilayah Tangerang Selatan, 3 April 2022.

NII memiliki keinginan untuk mengubah ideologi Pancasila dengan ideologi lain dan berniat menggulingkan pemerintah pusat, utamanya ketika NKRI sedang mengalami chaos. Mereka mengendap-endap, menunggu situasi kalut, untuk masuk menguasai pemerintahan.

Mereka juga memiliki peran dalam melakukan berbagai kegiatan latihan ala militer secara rutin, serta merencanakan persiapan logistik atau persenjataan.

Baca Juga: Pemerintah Minta Masyarakat untuk Vaksin Booster Jauh Hari Sebelum Mudik Lebaran

Bahkan melakukan perekrutan anggota secara masif di wilayah Sumatera Barat dengan melibatkan perempuan dan anak di bawah umur.

Halaman:

Editor: Lucky Edwar

Sumber: polri.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemerintah Berencana akan Naikan Harga Pertalite

Selasa, 16 Agustus 2022 | 15:33 WIB

HUT RI Ke-77 Usung Konsep Sejarah Bangsa Indonesia

Senin, 15 Agustus 2022 | 10:50 WIB
X