• Senin, 8 Agustus 2022

Joko Widodo dipercaya Sebagai Salah Satu Pemimpin Dunia Yang Menjadi Anggota Champions Group PBB

- Jumat, 15 April 2022 | 15:06 WIB
Presiden RI Joko Widodo dipercaya menjadi anggota Champions Group PBB  (Dok.jokowi)
Presiden RI Joko Widodo dipercaya menjadi anggota Champions Group PBB (Dok.jokowi)

KETIKNEWS.ID,-- Di Markas Besar PBB di New York sore ini (13/4), Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres, mengumumkan bahwa Presiden Indonesia, Joko Widodo, dipercaya sebagai salah satu pemimpin dunia yang menjadi anggota Champion Group of the Global Crisis Response Group (GCRG).

Champion Group tersebut, dipimpin oleh Sekjen PBB, dan bertujuan untuk mendorong konsensus global serta melakukan advokasi solusi untuk atasi krisis pangan, energi dan keuangan global.

Baca Juga: Presiden: Keselamatan Masyarakat Saat Mudik Prioritas Utama Pemerintah

Selain Presiden Jokowi, Sekjen PBB juga mempercayai 5 pemimpin dunia lainnya sebagai anggota Champion Group yaitu, Presiden Senegal, Kanselir Jerman, Perdana Menteri Barbados, Perdana Menteri Denmark, dan Perdana Menteri Bangladesh.

Sebelumnya pada 14 Maret 2022, Sekjen PBB membentuk Global Crisis Response Group (GCRG) on Food, Energy, and Finance di Sekretariat PBB dan beranggota badan-badan/agensi PBB. GCRG memiliki peran untuk melakukan koordinasi antar badan PBB, merumuskan aksi untuk atasi ketiga krisis tersebut, melakukan analisa data krisis, dan mendorong kerja sama untuk implementasi solusi.

Baca Juga: Menparekraf Apresiasi Inisiatif Masyarakat Dogang Langkat Sumut Ciptakan Peluang Kerja

Pembentukan Champions Group diharapkan dapat memastikan adanya kepemimpinan politis dan koordinasi tingkat politis yang dapat membantu mendorong implementasi dari berbagai usulan solusi, strategi dan aksi dari steering committee GCRG dalam mengatasi krisis pangan, energi dan keuangan.

Editor: Lucky Edwar

Sumber: kemlu.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Imbas Blokir Paypal Cs, Kominfo akan Digugat

Senin, 8 Agustus 2022 | 17:44 WIB

Doni Salmanan Tipu 25.000 Orang untuk Daftar Quotex

Kamis, 4 Agustus 2022 | 15:17 WIB

7 Filosofi Logo HUT ke-77 RI 17 Agustus 2022

Rabu, 3 Agustus 2022 | 18:54 WIB
X