• Jumat, 19 Agustus 2022

Jejak Seorang Indrasari Wisnu Wardhana Dirjen Kemendag Tersangka kasus Kelangkaan Minyak

- Rabu, 20 April 2022 | 14:50 WIB
Indrasari Wisnu Wardhana Dirjen Kemendag  (Dok.parboa)
Indrasari Wisnu Wardhana Dirjen Kemendag (Dok.parboa)


KETIKNEWS.ID,-- Indrasari Wisnu Wardhana sebangai Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri telah ditetapkan sebagai tersangka dugaan tindak pidana korupsi dalam pemberian fasilitas ekspor Crude Palm Oil (CPO). Pemberian izin ekspor ini berujung pada kelangkaan minyak goreng yang terjadi beberapa waktu lalu.

"Kami menetapkan tersangka 4 orang pejabat eselon 1 pada Kemendag berinisal IWW, Dirjen Perdagangan luar Negeri Kemendag, telah terbitkan secara melawan hukum persetujuan ekspor terkait CPO dan produk turunnya," kata Jaksa Agung ST Burhanuddin, Selasa (19/4/2022).

Baca Juga: Apakah Hari Kartini 21 April Jadi Libur Nasional? Berikut Penjelasnnya dalam Keputusan Presiden

"Keempat tersangka ditahan di tempat berbeda, IWW dan MPT masing-masing ditahan di Rutan Salemba cabang Kejagung. Kemudian SMA dan MPT ditahan Rutan Salemba Cabang Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan," kata Jaksa Agung. Lalu bagaimana latar belakang Indrasari Wisnu Wardhana hingga akhirnya menjadi tersangka?

Baca Juga: Menpora Amali dan Pihaknya akan Menambahkan Ukuran Fisik Sebagai Kriteria Pengiriman Atlet

 

Inilah Jejak Indrasari Wisnu Wardhana :

Indrasari Wisnu Wardhana saat ini menjabat sebagai Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kemendag. Ia berkantor di Jalan MI Ridwan Rais, Jakarta Pusat, Gedung Utama Kemendag Lantai 9. Indrasari menempati posisi sebagai Dirjen Perdagangan Luar Negeri Kemendag sejak 20 Desember 2021. Sebelumnya ia menjabat sebagai Kepala Badan Pengawas Perdagangan Berjangka. Selain menjadi Dirjen di Kemendag, Indrasari juga menjabat sebagai Komisaris PT Perkebunan Nusantara III (Persero) atau PTPN III. Pengangkatannya didasarkan Surat Keputusan (SK) Nomor SK-398/MBU/10/2021 dan Nomor SK-399/MBU/10/2021 tanggal 10 Desember 2021 tentang Pengangkatan Komisaris Utama dan Pengangkatan Dewan Komisaris PTPN III yang ditandatangani oleh Menteri BUMN Erick Thohir.

Baca Juga: Dishub Jabar Prediksi Puncak Arus Mudik Terjadi pada 29-30 April dan Arus Balik 8 Mei

baru menjabat sebagai Dirjen Perdagangan Luar Negeri Kemendag, Indrasari malah tersandung kasus hukum. Dia ditetapkan tersangka karena diduga memberikan izin ekspor CPO kepada perusahaan yang tidak berhak. Bersama tiga tersangka lain, Indrasari diduga melanggar Pasal 54 ayat (1) huruf a dan ayat (2) huruf a, b, e, dan f Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2014 tentang Perdagangan dan melanggar Keputusan Menteri Perdagangan Nomor 129 Tahun 2022 jo Nomor 170 Tahun 2022 tentang Penetapan Jumlah untuk Distribusi Kebutuhan Dalam Negeri atau Domestic Market Obligation (DMO) dan Harga Penjualan di Dalam Negeri atau Domestic Price Obligation (DPO) dan Ketentuan Bab II Huruf A angka (1) huruf b, juncto Bab II huruf C angka 4 huruf c Peraturan Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Nomor 02/DAGLU/PER/1/2022 tentang petunjuk teknis pelaksanaan kebijakan dan pengaturan ekspor CPO, RDB Palm Olein dan UCO. Indrasari pada Oktober 2019 juga pernah diperiksa sebagai saksi kasus dugaan suap kuota impor ikan di Perum Perindo. Ia diperiksa untuk tersangka eks Dirut Perum Perindo Risyanto Suanda.

Halaman:

Editor: Lucky Edwar

Sumber: Beberapa Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemerintah Berencana akan Naikan Harga Pertalite

Selasa, 16 Agustus 2022 | 15:33 WIB

HUT RI Ke-77 Usung Konsep Sejarah Bangsa Indonesia

Senin, 15 Agustus 2022 | 10:50 WIB
X