• Kamis, 18 Agustus 2022

Menparekraf Harapkan Pemudik Belanja Produk Kreatif Demi Tingkatkan Ekonomi Lokal

- Kamis, 21 April 2022 | 13:55 WIB
 Pemudik Belanja Produk Kreatif Demi Tingkatkan Ekonomi Lokal (Dok. Menparekraf )
Pemudik Belanja Produk Kreatif Demi Tingkatkan Ekonomi Lokal (Dok. Menparekraf )

KETIKNEWS.ID,-- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mendorong masyarakat yang melakukan mudik di musim libur lebaran tahun 2022 agar berbelanja produk kreatif lokal sehingga dapat mempercepat kebangkitan ekonomi lokal yang diprediksi mencapai Rp72 triliun secara nasional.

Menparekraf Sandiaga Uno usai berbincang dengan pelaku ekonomi kreatif Kepulauan Bangka Belitung di Rumah Kreatif Melati, Pangkalpinang, Rabu (20/4/2022), mengatakan, pemerintah tahun ini memperbolehkan masyarakat untuk mudik setelah 2 tahun tidak terlaksana seiring tertanganinya dengan baik pandemi COVID-19.

Baca Juga: Menparekraf Siapkan Event Road to G20 di Bangka

"Mudik kali ini setelah dua tahun tidak terlaksana akibat pandemi, tahun ini pemerintah memperbolehkan mudik dengan beberapa persyaratan. Dan kami sudah menghitung (mudik) akan berdampak antara 20 sampai 25 persen terhadap ekonomi lokal," kata Menparekraf Sandiaga Uno.

Untuk itu ia mendorong para pemudik, khususnya mereka yang akan pulang ke Kepulauan Bangka Belitung untuk dapat berbelanja produk kreatif lokal. Di sisi lain para pelaku kreatif juga harus dapat mempersiapkan diri dengan menyiapkan produk-produk yang berkualitas dan berkelanjutan.

Baca Juga: Kapolri Sarankan Pemudik untuk Menggunakan Jalur Non Tol

"Jangan hanya mudik dan 'rohali' atau rombongan hanya lihat-lihat, tapi harus jadi 'rojali' rombongan yang jadi beli," kata Sandiaga.

Menparekraf (Dok. Menparekraf )

Pemerintah sendiri memperkirakan perputaran ekonomi saat momen libur lebaran tahun 2022 akan mencapai Rp72 triliun. Angka tersebut diperkirakan bisa lebih tinggi mengingat durasi libur dan cuti bersama pada momen libur lebaran tahun ini cukup panjang.

Halaman:

Editor: Lucky Edwar

Sumber: Kemenparekraf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemerintah Berencana akan Naikan Harga Pertalite

Selasa, 16 Agustus 2022 | 15:33 WIB

HUT RI Ke-77 Usung Konsep Sejarah Bangsa Indonesia

Senin, 15 Agustus 2022 | 10:50 WIB
X