• Senin, 8 Agustus 2022

Puan Maharani: Hidupkan Keteladanan Kartini Melalui UU TPKS

- Jumat, 22 April 2022 | 11:10 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani. (Parlementaria)
Ketua DPR RI Puan Maharani. (Parlementaria)

KETIKNEWS.ID,-- Peringatan Hari Kartini pada 21 April menjadi momentum untuk terus mendorong percepatan implementasi Undang-Undang Tindak Pidana Kekerasan Seksual (UU TPKS) menjadi instrumen hukum yang kuat dan komprehensif.

Situasi perempuan Indonesia yang belum terbebas dari kekerasan dan diskriminasi berbasis gender menjadi lecutan untuk terus memperjuangkan pengaplikasian UU ini di lapangan dan menjadi gambaran nyata bahwa kegelisahan RA Kartini masih dirasakan hingga kini.

Baca Juga: Muslim Fashion Festival 2022 Angkat Isu Lingkungan Hidup

Ketua DPR RI Puan Maharani menyebut kelahiran UU TPKS merupakan upaya untuk mengubah perspektif dan pemahaman tentang konsep gender dalam kaitannya dengan kepentingan perempuan.

“Inti dari kesetaraan dan keadilan gender bukan meneguhkan siapa yang mendominasi dan didominasi. Melainkan menemukan koridor untuk saling berbagi secara adil dalam segala aktivitas kehidupan tanpa membedakan pelakunya laki-laki atau perempuan,” kata Puan dalam pernyataan tertulisnya, Kamis (21/4/2022).

Kegigihan dalam terus mengawal implementasi UU TPKS merupakan perjuangan Kartini yang ditinggalkan yang perlu dilanjutkan.

Baca Juga: Johnny Depp Akui Tidak Akan Lagi Jadi Jack Sparrow di Film Pirates of the Carribean

“Kita harus mampu menghayati, memetik, dan mewarisi nilai-nilai semangat perjuangan yang ditinggalkan Kartini. Tekad kuat serta kegigihan untuk terus mengawal implementasi UU ini menjadi upaya saling dukung dan saling jaga, agar tak ada lagi ruang untuk kekerasan seksual,” sambung Puan.

Keteladanan RA Kartini menjadi energi untuk terus memperjuangkan pengesahan dan implementasi UU TPKS menjadi payung hukum yang kuat.

Halaman:

Editor: Riedha Adriyana

Sumber: Parlementaria

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Imbas Blokir Paypal Cs, Kominfo akan Digugat

Senin, 8 Agustus 2022 | 17:44 WIB

Doni Salmanan Tipu 25.000 Orang untuk Daftar Quotex

Kamis, 4 Agustus 2022 | 15:17 WIB

7 Filosofi Logo HUT ke-77 RI 17 Agustus 2022

Rabu, 3 Agustus 2022 | 18:54 WIB
X