• Sabtu, 25 Juni 2022

Wapres Ma'ruf Amin Serahkan 3 Ribu Sertifikat Tanah Wakaf

- Senin, 25 April 2022 | 16:13 WIB
Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin (YouTube Wakil Presiden Republik Indonesia)
Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin (YouTube Wakil Presiden Republik Indonesia)

KETIKNEWS.ID,-- Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menyerahkan 3.152 sertifikat tanah wakaf yang pada umumnya diperuntukkan sebagai masjid, tanah makam, pesantren maupun akses peribadatan umat Muslim.

"Tanah wakaf tentu tidak terbatas pada kegiatan peribadatan, tetapi dapat dioptimalkan untuk meningkatkan kesejahteraan sosial dan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional," kata Wapres Ma'ruf Amin, di Kantor Wapres, Jakarta, Senin (25/4).

Acara penyerahan sertifikat tanah wakaf itu hadir juga Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sofyan Djalil, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Ketua Badan Wakaf Indonesia Mohammad Nuh, dan pejabat terkait lainnya.

Baca Juga: Universal Studio Jepang Hadirkan Wahana Baru: Mini Merry II

Menurut Wapres, selama ini lebih dari 70 persen tanah wakaf di Indonesia dimanfaatkan untuk pembangunan masjid dan mushala padahal tanah wakaf memiliki potensi ekonomi yang besar, sehingga perlu dikelola secara efektif dan akuntabel.

"Saat ini kita masih memiliki pekerjaan rumah terkait tata kelola wakaf tanah. Pekerjaan ini harus dapat kita selesaikan karena jumlah tanah wakaf di Indonesia tidak sedikit dan kian meningkat dari tahun ke tahun," kata Wapres.

Berdasarkan data yang diterima Wapres, tanah wakaf tercatat berada di lebih dari 430 ribu lokasi, dengan luas sekitar 56 ribu hektare. Dari jumlah tersebut, baru 58 persen yang memiliki sertifikat.

Baca Juga: Asal-usul dan Sejarah Mudik, Tradisi Rutinan Masyarakat Indonesia Saat Lebaran Idul Fitri

Sedangkan, jumlah wakaf tanah terus meningkat sekitar 7 persen atau lebih dari 3.000 hektare setiap tahunnya.

Halaman:

Editor: Riedha Adriyana

Sumber: ANTARA

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Wapres: Al-Azhar Benteng Keislaman Moderat

Kamis, 23 Juni 2022 | 18:05 WIB
X