• Minggu, 14 Agustus 2022

Indonesia – Austria Perkuat Dialog Lintas Agama melalui Pemuda dan Toleransi Beragama Di Dunia Digital.

- Selasa, 26 April 2022 | 10:30 WIB
Indonesia – Austria Perkuat Dialog Lintas Agama melalui Pemuda dan Toleransi Beragama Di Dunia Digital. (Dok.NU)
Indonesia – Austria Perkuat Dialog Lintas Agama melalui Pemuda dan Toleransi Beragama Di Dunia Digital. (Dok.NU)

KETIKNEWS.ID,-- Pemuda dan toleransi beragama di dunia digital menjadi topik utama dalam Webinar Pertama Dialog Lintas Agama Indonesia – Austria ke - 7 (26/4). Dilaksanakan secara virtual di Bandung dan Wina, Dialog Lintas Agama menjadi wadah pertukaran pandangan mengenai peran pemuda dalam toleransi dan upaya – upaya yang dilakukan untuk menjaga toleransi di dunia digital.

Diharapkan dapat identifikasi tantangan dan potensi masalah, Dialog Lintas Agama juga merupakan tindakan efektif untuk mengatasi isu keberagaman di lingkungan masyarakat khususnya terkait isu agama dan upaya memelihara pluralisme.

Baca Juga: Pendaftaran “Santri Digitalpreneur Indonesia 2022” Telah Dibuka Hingga 25 Mei 2022

Membuka kegiatan, Direktur Jenderal IDP, Teuku Faizasyah menyampaikan bahwa pemuda yang lahir dan dibesarkan sebagai digital native, memiliki keunggulan dalam beradaptasi dan memimpin transformasi digital global. “Pemuda dapat menjadi lead power di media sosial dan memegang kunci untuk mempromosikan keragaman dan membantu dalam pencegahan ekstremisme kekerasan" pungkasnya.

Sementara, Teresa Indjein, Director-General for International Cultural Relations, Kementerian Luar Negeri Austria menggarisbahwahi mengenai pentingnya kerja sama antara Indonesia – Austria dalam Dialog Lintas Agama dan menyambut penyelenggaraan selanjutnya pada bulan September di Wina.

Baca Juga: Kemenparekraf Siapkan 15 Titik Posko Mudik dan 1200 Voucher

Selain itu Teresa Indjein juga menyampaikan pentingnya suara pemuda sebagai entitas yang dapat mengubah dunia dan masa depan, namun masih jarang terdengar suaranya terutama dalam bidang politik dan pentingnya dialog antar pemuda untuk memupuk toleransi dan pemahaman akan pluralisme.

Menghadirkan expert dan pemuda dari kedua negara, antara lain Pak Ismail Fahmi (Founder of Drone Emprit), Mr. Moritz Wein (Austrian Federal Ministry of Education, Science, and Research), Ibu Lisa Esti Puji (Youth Commission Indonesian Bishops' Conference), Ms. Edina Husovic (Islamic Religious Community Austria), Pak Rosyad Farouq (Muhammadiyah Student Association), dan Ms. Magdalena Lorenz (Catholic Youth Organization). Dialog Lintas Agama RI – Austria ke-7 menyepakati pentingnya peran pemuda dalam mempromosikan toleransi dan upaya membangun saling pengertian antar umat beragama di era digital.

Baca Juga: Karate Indonesia Siap Boyong Tiga Emas Sea Games Vietnam

Halaman:

Editor: Lucky Edwar

Sumber: kemlu.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PBB Kunjungi Korsel Bahas Denuklirisasi Korut

Jumat, 12 Agustus 2022 | 18:15 WIB

Zelensky akan Ikut KTT G20 di Bali jika Putin Hadir

Jumat, 12 Agustus 2022 | 10:43 WIB

Latihan Perang China di Kawasan Taiwan Telah Berakhir

Kamis, 11 Agustus 2022 | 13:29 WIB
X