• Rabu, 5 Oktober 2022

Antisipasi BBM dan Keamanan Perjalanan Pemudik, Pemerintah Siapkan SPBU Mini di Jalur Pantai Selatan

- Selasa, 26 April 2022 | 14:22 WIB
Penampakan SPBU mini (Instagram Pertamina)
Penampakan SPBU mini (Instagram Pertamina)

KETIKNEWS.ID,-- Menteri koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyampaikan pemerintah telah menyiapkan berbagai rancangan untuk mengantisipasi ledakan mudik tahun ini.

Pasalnya, setelah dua tahun tidak ada mudik, Idul Fitri 2022 ini, Pemerintah membolehkan masyarakat untuk mudik lebaran setelah kasus Covid-19 menunjukkan trend penurunan dan cakupan vaksin semakin baik.

“Kita menyadari sudah dua tahun kita tidak mudik, karena itu data historis yang digunakan bukan tahun lalu tapi tahun 2019. Ini kita ungkap lagi untuk pengalaman dalam merancang persepsi sekarang ini. Dari awal sudah kita bahas, coba, dan simulasikan. Tetapi kita sadar pasti ada celah yang nanti akan menjadi bagian kekurangan yang harus diambil kebijakan di lapangan, diskresi maupun policy judgement di lapangan,” kata Menko PMK, dikutip dari keterangan resmi, Minggu 24 April 2022 lalu.

Baca Juga: Klub Divisi Dua Liga Inggris Blackburn Rovers Buka Stadion Untuk Sholat Idul Fitri 2022

Menko PMK mengatakan untuk mengantisipasi kelangkaan BBM dan kemananan perjalanan pemudik, pemerintah menjamin ketersediaan BBM dan menyiapkan SPBU Mini di beberapa tempat yang belum ada SPBU, terutama jalur Pantai Selatan dan bisa diupayakan menggunakan model BBM mobile.

Untuk memastikan kesehatan masyarakat tetap terjaga, maka pemerintah terus mendorong agar penerapan disiplin prokes dipatuhi dan menyegerakan vaksin booster.

“Kemudian masalah tata kelola lalin dan ketersediaan BBM, kemudian ketersedian pangan dan bahan pokok, dan saluran bansos yang dirangkap 3 bulan di april dari semua skema bansos termasuk tambahan BLT Migor, diharapkan bisa meringankan beban pengeluaran masyarakat kalangan bawah. Masyarakat diharapkan disiplin prokes dan jangan lupa booster agar saat lebaran nanti semua dalam kondisi sehat,” kata Menko PMK.

Baca Juga: Hari Kesiapsiagaan Bencana 2022, Yana Mulyana Ingatkan Warga Kota Bandung Harus Siap Terhadap Bencana

Selain itu, Menko PMK mengatakan pada masa “injury time” mudik ini, pihaknya terus mempersiapkan berbagai kemungkinan untuk memastikan arus mudik berjalan aman dan lancar.

Halaman:

Editor: Riedha Adriyana

Sumber: Kemenko PMK

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X