• Senin, 27 Juni 2022

Hotman Paris Disomasi atas Unggahan Media Sosial dan Dugaan Pencemaran Nama Baik

- Selasa, 26 April 2022 | 22:22 WIB
Advokat Muda Indonesia Bergerak (AMIB) melayangkan somasi secara terbuka terhadap pengacara kondang Hotman Paris Hutapea. (Instagram )
Advokat Muda Indonesia Bergerak (AMIB) melayangkan somasi secara terbuka terhadap pengacara kondang Hotman Paris Hutapea. (Instagram )

KETIKNEWS.ID,-- Advokat Muda Indonesia Bergerak (AMIB) melayangkan somasi secara terbuka terhadap pengacara kondang Hotman Paris Hutapea.

Dalam jumpa pers disebutkan, Hotman Paris diduga tidak menjaga wibawa dan tak mencerminkan advokat sebagai profesi terhormat karena unggahan media sosial.

"Menjadikan perempuan sebagai objek pertunjukan sehingga dapat menimbulkan persepsi bahwa seorang advokat bisa sewenang-wenang terhadap perempuan," ucap koordinator AMIB Jakarta, Andi Ryza Fardiansyah, di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (25/4) seperti dikutip dari Kompas.

Baca Juga: Hotman Paris Bantah Sebut Peradi Tidak Sah dan Enggan Minta Maaf

Selain unggahan media sosial, AMIB juga keberatan dengan pernyataan Hotman Paris yang diduga mencemarkan nama baik Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) yang dipimpin pengacara Otto Hasibuan.

Andi juga mengatakan, Hotman Paris telah mengeluarkan pernyataan bahwa Peradi di bawah kepemimpinan Otto adalah tidak sah dengan dasar adanya putusan Mahkamah Agung (MA) No.997/K/Pdt/2022.

"Itu merupakan pernyataan yang tidak seharusnya diutarakan karena bersifat tuduhan maupun persangkaan, menyesatkan dan kebohongan karena tidak tanpa adanya bukti valid yang merupakan perbuatan melawan hukum, dan telah mencemarkan nama baik kami," tegas Andi.

Baca Juga: Hotman Paris Terancam Pidana dan Digugat Perdata oleh AMIB

Padahal, kata Andi, MA sudah menyatakan bahwa Peradi tidak berpengaruh terhadap putusan tersebut dan advokat di bawah organisasi itu tetap bisa bersidang.

"Tindakan yang dilakukan Hotman Paris mencederai profesi kami sebagai advokat Indonesia," kata Andi yang juga merupakan Wakil Sekretaris Bidang Kajian Hukum dan Perundang-undangan DPN Peradi.

Halaman:

Editor: Lucky Edwar

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Berikut Gejala Positif Omicron BA.4 dan BA.5

Minggu, 26 Juni 2022 | 19:12 WIB
X