• Senin, 27 Juni 2022

Ekspor Minyak Goreng Resmi Dilarang, Presiden: Memenuhi Kebutuhan Rakyat adalah Prioritas

- Rabu, 27 April 2022 | 21:12 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melarang ekspor minyak goreng dan bahan bakunya mulai malam ini, Kamis (28/04/2022) pukul 00.00 WIB (Tangkapan layar)
Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melarang ekspor minyak goreng dan bahan bakunya mulai malam ini, Kamis (28/04/2022) pukul 00.00 WIB (Tangkapan layar)

KETIKNEWS.ID,-- Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melarang ekspor minyak goreng dan bahan bakunya mulai malam ini, Kamis (28/04/2022) pukul 00.00 WIB.

“Pemerintah memutuskan untuk melarang ekspor bahan baku minyak goreng dan dan minyak goreng ke luar negeri. Larangan itu berlaku untuk ekspor dari seluruh wilayah Indonesia termasuk dari kawasan berikat. Sebab, memenuhi kebutuhan pokok rakyat adalah prioritas yang lebih penting” tegas Jokowi dalam keterangan pers yang disiarkan melalui Youtube, Rabu (27/4).

Presiden mengatakan, ironis, Indonesia sebagai negara produsen minyak sawit terbesar di dunia, namun mengalami kesulitan mendapatkan minyak goreng.

Baca Juga: Presiden Larang Ekspor Minyak Goreng dan Bahan Bakunya Mulai 28 April

Selama empat bulan kelangkaan minyak goreng berlangsung. Pemerintah pun telah mengupoayakan berbagai kebijakan namun belum efektif.

“Dan, saya sebagai presiden tak mungkin membiarkan itu terjadi,” ujar Jokowi.

Jokowi pun meminta kesadaran dari pelaku industri minyak sawit dan minyak goreng untuk terlebih dahulu memenuhi kebutuhan dalam negeri. Presiden menilai semestinya kapasitas produksi dapat memenuhi kebutuhan dalam negeri.

“Volume bahan baku minyak goreng yang kita produksi dan kita ekspor jauh lebih besar daripada kebutuhan dalam negeri. Masih ada sisa kapasitas yang sangat besar,” ungkapnya.

Baca Juga: Airlangga: Pelarangan Ekspor Hingga Harga Minyak Goreng Curah di Tanah Air Rp14 Ribu/Liter

Halaman:

Editor: Lucky Edwar

Sumber: Youtube

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Berikut Gejala Positif Omicron BA.4 dan BA.5

Minggu, 26 Juni 2022 | 19:12 WIB
X