• Minggu, 14 Agustus 2022

Tidak Izin Mengcover Lagu, Tri Suaka dan Zidan Terancam Dipenjara 8 Tahun

- Kamis, 28 April 2022 | 15:07 WIB
Dikenal sebagai penyanyi cover, ternyata selama ini baik Tri Suaka maupun Zidan belum mengantongi izin dari pencipta lagu. (Foto: Instagram Zinidin Zidan dan Instagram Erwin Agam)
Dikenal sebagai penyanyi cover, ternyata selama ini baik Tri Suaka maupun Zidan belum mengantongi izin dari pencipta lagu. (Foto: Instagram Zinidin Zidan dan Instagram Erwin Agam)

KETIKNEWS.ID,-- Belum selesai terkait video parodi, kini Tri Suaka dan Zidan dikecam oleh pencipta lagu, yakni Erwin Agam melalui media sosialnya.

Dikenal sebagai penyanyi cover, ternyata selama ini baik Tri Suaka maupun Zidan belum mengantongi izin dari pencipta lagu.

Hal tersebut dianggap melanggar UU Hak Cipta, terlebih keduanya mendapatkan keuntungan dari lagu yang mereka cover.

Baca Juga: Twibbon Hari Raya Idul Fitri 2022 yang Simpel dan Elegan

Menindaklanjuti terkait pelanggaran hak cipta tersebut, Tri Suaka dan Zidan disomasi oleh Forkami (Forum Komunikasi Artis Minangkabau Indonesia).

Bukan hanya sekali, tetapi sudah kedua kalinya. Bukan hanya terkait lagu karya Erwin Agam yakni 'Emas Hantaran'. Tetapi juga lagu lain khususnya lagu Melayu yang dicover Tri Suaka maupun Zidan tanpa izin pencipta.

"Pencipta lagu beberapa sudah menghubungi kita dan menunjuk tim hukum di Forkami untuk melakukan gugatan perdata dan melaporkan tindakan pidananya. UU Hak Cipta itu ada pidananya dengan dugaan Tri Suaka dan tim & Zidan dan tim melakukan tindakan pembajakan karena tidak melakukan izin dalam mengcover lagu dan mempublishnya," kata Arianto S.H., selaku Ketua Advokasi Forkami.

Baca Juga: Satgas Covid-19 Imbau Fasilitas Publik Aturi Aturan PPKM Selama Libur Lebaran

"Pidananya adalah 8 tahun, dendanya 4 miliar. Makanya kita membuka ruang mediasi," lanjut Arianto.

Halaman:

Editor: Lucky Edwar

Sumber: instagram @intipseleb

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sang Ratu K-Pop 'BoA' Dikonfirmasi Positif COVID-19

Kamis, 11 Agustus 2022 | 13:59 WIB

BLACKPINK akan Rilis Lagu Pink Venom

Senin, 8 Agustus 2022 | 09:55 WIB

6 Film Bertema Kemerdekaan 17 Agustus 1945

Jumat, 5 Agustus 2022 | 09:25 WIB
X