• Senin, 23 Mei 2022

Utusan Nuklir Korsel dan Amerika Serikat Kecam Peluncuran Rudal Korea Utara

- Senin, 9 Mei 2022 | 15:17 WIB
Utusan Nuklir Korsel dan Amerika Serikat Kecam Peluncuran Rudal Korea Utara. (Yonhap)
Utusan Nuklir Korsel dan Amerika Serikat Kecam Peluncuran Rudal Korea Utara. (Yonhap)

KETIKNEWS.ID,-- Ketua Juru Runding Perdamaian Semenanjung Korea Roh Kyu-deok dan Perwakilan Khusus Amerika Serikat (AS) untuk Korea Selatan Sung Kim mengadakan pembicaraan melalui telepon pada hari Sabtu (07/05) dan mengutuk keras peluncuran rudal Korea Utara.

Menurut Kementerian Luar Negeri Korea Selatan, keduanya menyatakan bahwa peluncuran rudal balistik Korea Utara terbaru yang diduga dilakukan dari sebuah kapal selam pada Sabtu (07/05) merupakan pelanggaran jelas terhadap resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Baca Juga: Sandiaga Uno Dorong Kerja Sama Pariwisata dengan Singapura untuk Buka Lapangan Kerja

Selain itu, peluncuran rudal Korea Utara tersebut sekaligus menimbulkan ancaman serius bagi Semenanjung Korea dan masyarakat internasional.

Ditambahkannya, Roh dan Sung Kim mendesak Korea Utara untuk segera menghentikan langkah-langkah yang meningkatkan ketegangan lebih lanjut dan untuk segera kembali ke jalur dialog dan diplomasi.

Baca Juga: Presiden Harapkan Tim Indonesia Torehkan Prestasi dan Raih Medali Sebanyak-banyaknya di SEA Games 2021 Vietnam

Pihak kementerian melanjutkan bahwa terkait postur kesiapsiagaan gabungan, Korea Selatan dan AS akan semakin meningkatkan kerja sama erat untuk tanggapan terpadu bersama komunitas internasional, seperti melalui Dewan Keamanan PBB.

Sebelumnya pada tanggal 7 Mei, Korea Utara menembakkan satu rudal balistik jarak pendek yang diduga merupakan rudal balistik berbasis kapal selam (SLBM) pada sekitar pukul 14.07 waktu Korea dari wilayah Sinpo, Provinsi Hamgyong Selatan.

Editor: Riedha Adriyana

Sumber: KBS World

Tags

Artikel Terkait

Terkini

AS Hadirkan Pameran Sneaker Karya Virgil Abloh

Senin, 23 Mei 2022 | 11:03 WIB

TikTok Menambahkan Fitur Game dalam Aplikasinya

Senin, 23 Mei 2022 | 10:04 WIB
X