• Senin, 23 Mei 2022

Temukan Kasus Penyakit Mulut dan Kuku pada Hewan Ternak, Menkes: Tidak Akan Menular ke Manusia

- Selasa, 10 Mei 2022 | 16:15 WIB
Menkes Budi Gunadi Sadikin saat memberikan keterangan pers di Kantor Kepresidenan Jakarta, Senin 9 Mei 2022  (Tangkapan layar YouTube Sekretariat Kabinet RI)
Menkes Budi Gunadi Sadikin saat memberikan keterangan pers di Kantor Kepresidenan Jakarta, Senin 9 Mei 2022 (Tangkapan layar YouTube Sekretariat Kabinet RI)

KETIKNEWS.ID,-- Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menanggapi penemuan kasus penyakit mulut dan kuku yang menyerang sejumlah hewan ternak di Jawa Timur.

Menkes Budi menyampaikan bahwa penyakit ini sangat jarang ditemukan menular ke manusia.

“Kami sudah diskusi dengan WHO, Badan Kesehatan Hewan Dunia (OIE), bahwa penyakit mulut dan kuku ini memang domainnya ada di hewan jadi hampir tidak ada yang loncat ke manusia,” ujarnya.

Baca Juga: Masih dalam Situasi Pandemi COVID-19, 98 Petugas Kesehatan Siap Layani Jamaah Haji

Menkes menambahkan, virus yang menyerang hewan ini berbeda dengan SARS-CoV-2 penyebab COVID-19 yang ditularkan hewan kalelawar ke manusia, maupun flu babi dan flu burung.

“Khusus untuk mulut dan kuku, virus ini memang adanya hanya di hewan yang berkuku dua, jadi sangat jarang yang meloncat ke manusia. Jadi tidak perlu khawatir dari sisi kesehatan manusianya,” kata Menkes.

Mengenai penyakit mulut dan kuku tersebut, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memberikan arahan untuk penanganan penyakit kuku dan mulut yang menyerang hewan ternak di Tanah Air.

Baca Juga: Wapres ke-10 dan ke-12 Indonesia Dianugerahi Penghargaan oleh Pemerintahan Jepang

Jokowi meminta Menteri Pertanian untuk melakukan lockdown dan menerapkan sistem zonasi lockdown agar pergerakan ternak dapat dicegah dengan baik.

Halaman:

Editor: Riedha Adriyana

Sumber: Sekretariat Kabinet

Tags

Artikel Terkait

Terkini

I-Comerds, Aplikasi untuk Berantas Uang Palsu

Kamis, 19 Mei 2022 | 17:49 WIB
X