• Senin, 23 Mei 2022

SEA Games 2021 Vietnam bisa Menjadi Paradigma Baru Pembinaan Prestasi Olahraga Nasional

- Rabu, 11 Mei 2022 | 11:57 WIB
Menpora RI Zainudin Amali menerapkan paradigma baru tentang pembinaan prestasi olahraga Indonesia (Kemenpora.go.id)
Menpora RI Zainudin Amali menerapkan paradigma baru tentang pembinaan prestasi olahraga Indonesia (Kemenpora.go.id)

KETIKNEWS.ID,-- Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali mengatakan bahwa SEA Games 2021 Vietnam sudah memulai menerapkan paradigma baru tentang pembinaan prestasi olahraga Indonesia.

Hal tersebut dikatakan Menpora Amali di acara Dialog MNC News Prime melalui virtual dari Kemenpora, Selasa (10/5) malam, dengan topik Kesiapan Indonesia di SEA Games 2021 Vietnam.

"Kita tahu bahwa pada peringatan Haornas ke 37 tahun 2020, Bapak Presiden Joko Widodo memberi arahan kepada kami untuk melakukan review total tentang ekosistem pembinaan olahraga nasional. Kemudian dari situ lahirlah Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) yang didasari oleh Perpres Nomor 86 tahun 2021," katanya.

Baca Juga: Sinopsis Film Crazy Rich Asians di Bioskop Trans TV Kamis 12 Mei

"Intinya, bahwa kita harus menetapkan target, Nah, dari DBON target kita adalah Olimpiade sehingga SEA Games dan Asian Games hanya ditempatkan sebagai sasaran antara. Maka yang dikirim juga yang berpeluang mendapatkan medali,' lanjutan Menpora Amali.

Lebih jauh ia mengatakan bahwa, yang menentukan itu (cabor yang berpeluang meraih medali) bukan dari pihak Kemenpora tapi dari tim review.

"Tim review ini terdiri dari akademisi, praktisi, KONI, KOI dan sebagainya. Mereka yang melakukan seleksi berdasarkan data-data,
track record, prestasi dan pertimbangan lainya sehingga didapatkan jumlah 499 atlet dari berbagai nomor pertandingan dari berbagai cabor," jelasnya.

Baca Juga: Satgas COVID-19 Imbau Masyarakat Pulang dari Mudik Dianjurkan Tes COVID-19 Secara Mandiri

Menurutnya, dengan perubahan paradigma baru ini maka Kemenpora berusaha untuk menanamkan pondasi yang kuat buat pembinaan prestasi olahraga Indonesia. "Namun hasilnya belum dapat dilihat sekarang tapi beberapa tahun kemudian baru akan terlihat hasil dari perubahan paradigma tersebut," katanya.

"Mereka yang sudah dihitung prestasi, track record dan sebagainya oleh tim review, diberi kesempatan untuk membuktikan bahwa mereka terutama cabor olimpiade bisa punya harapan untuk bisa lolos di kualifikasi Olimpiade yang akan datang," tutupnya. (Tatan/Ketiknews.id)

Halaman:

Editor: Lucky Edwar

Sumber: kemenpora go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ahsan/Kevin Kalah, Indonesia 0-2 India

Minggu, 15 Mei 2022 | 16:10 WIB

Jadwal dan Link Streaming Final Thomas Cup 2022

Sabtu, 14 Mei 2022 | 16:25 WIB
X