• Minggu, 22 Mei 2022

Dianggap Provokatif dan Sepihak, Singapura Larang Film The Kashmir Files Tayang

- Rabu, 11 Mei 2022 | 13:13 WIB
Film The Kashmir Files dilarang Tayang di Singapura (IMDB)
Film The Kashmir Files dilarang Tayang di Singapura (IMDB)

KETIKNEWS.ID,-- Negara Singapura larang penayangan film The Kashmir Files yang menceritakan tentang mahasiswa yang mengetahui orang tuanya beragama Hindu dari Kashmir terbunuh di era penuh kekerasan pada 1989-1990.

Diketahui, Kashmir merupakan tempat di India yang mayoritas penduduknya Islam.

Otoritas Singapura anggap film ini berpotensi provokatif terhadap Muslim dan menggambarkan jika Islam digambarkan sebagai tokoh jahat dalam film ini.

Baca Juga: Ratusan Nelayan Muslim di India Minta Diakhiri Hidupnya Setelah Hak Mencari Nafkah Dihambat

“Film ini ditolak dari klasifikasi karena penggambaran sepihak dan provokatif tentang Muslim dan penggambaran umat Hindu yang dianiaya dalam konflik Kashmir yang masih berlangsung,” ujar otoritas Singapura, dilansir dari Antara.

Penggambaran film The Kashmir Files tersebut berpotensi menciptakan permusuhan di tengah masyarakat yang beragama. Selain itu, juga berpotensi mengganggu harmoni masyarakat dengan agama dan ras yang berbeda di India.

Dilansir dari Aljazeera, sejumlah media di India menilai film The Kashmir Files sangat Islamofobia, tidak jujur, dan provokasi. Bahkan, sebelum film tersebut dirilis, trailernya telah mengundang litigasi kepentingan publik, dengan alasan bahwa 'adegan yang menghasut pasti akan menyebabkan kekerasan komunal'.

Baca Juga: Satgas COVID-19 Imbau Masyarakat Pulang dari Mudik Dianjurkan Tes COVID-19 Secara Mandiri

Dalam pembelaannya, pembuat film bersikeras menyatakan, 'setiap frame, setiap kata dalam film saya adalah kebenaran'. Ironisnya, beberapa hari setelah dirilis, Perdana Menteri India Narendra Modi meminta rakyatnya menonton film The Kashmir Files itu.

Halaman:

Editor: Lucky Edwar

Sumber: ANTARA

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X