• Minggu, 22 Mei 2022

Intelijen Amerika Serikat Ungkap Kim Jong-un akan Gunakan Nuklir sebagai Kekuatan dalam Negosiasi

- Rabu, 11 Mei 2022 | 16:56 WIB
Penguasa Korea Utara, Kim Jong Un. (Foto: dok. korea-dpr.com)
Penguasa Korea Utara, Kim Jong Un. (Foto: dok. korea-dpr.com)

KETIKNEWS.ID,-- Di tengah peringatan kemungkinan Korea Utara akan segera melakukan uji coba senjata nuklir, pejabat intelijen Amerika Serikat (AS) mengungkapkan bahwa Korea Utara terus memproduksi plutonium dan Pemimpin Kim Jong-un akan menggunakannya sebagai kekuatan dalam negosiasi dengan Amerika Serikat.

Seperti dilansir dari KBS World, Kementerian Luar Negeri AS sedang menantikan pembicaraan dengan pemerintah Korea Selatan yang baru untuk bergerak maju ke target denuklirsasi penuh di Semenanjung Korea.

Baca Juga: Billboard Music Awards 2022 Umumkan Penyanyi yang Tampil di Acara Tersebut

Direktur Intelijen Nasional AS Avril Haines menyampaikan penilaian tersebut pada hari Selasa (10/05) waktu setempat di hadapan Komite Angkatan Bersenjata Senat AS.

Haines mencatat dalam laporannya terdapat empat negara yang menjadi ancaman bagi AS, yakni China, Korea Utara, Rusia, dan Iran, dan memperkirakan Korea Utara akan kembali melakukan uji coba nuklir dalam beberapa waktu ke depan.

Baca Juga: Ratusan Nelayan Muslim di India Minta Diakhiri Hidupnya Setelah Hak Mencari Nafkah Dihambat

Dia melanjutkan bahwa Korea Utara terus memproduksi bahan fisil, yang digunakan dalam uji coba nuklir, dan bahkan kemungkinan memperluas program pengayaan uraniumnya.

Lebih lanjut dia mengatakan bahwa pemimpin Korea Utara Kim Jong Un terus memperluas dan meningkatkan kemampuan nuklir dan senjata konvensional yang menargetkan AS dan negara sekutunya untuk membentuk kembali lingkungan keamanan regional yang menguntungkan bagi pihaknya dan untuk memperkuat status quo sebagai negara nuklir de facto.

Baca Juga: Pertama Kalinya dalam 54 Tahun, Jalan Setapak Gunung Bugaksan Korea Selatan Dibuka untuk Umum

Halaman:

Editor: Riedha Adriyana

Sumber: KBS World

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X