• Senin, 23 Mei 2022

WNA Asal Kanada Resmi Diusir dari Bali setelah Membuat Video Joget Bugil

- Kamis, 12 Mei 2022 | 16:28 WIB
Potret Jeffrey Douglas
Potret Jeffrey Douglas

KETIKNEWS.ID,-- Warga negara Kanada bernama Jeffrey Douglas Craign dideportasi karena membuat video asusila di wilayah Gunung Batur, Kintamani, Bangli, Bali. Jeffrey disebut melanggar Pasal 75 ayat (1) Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian.

"Setelah kami melaporkan pendeportasian, keputusan penangkalan lebih lanjut akan diputuskan Direktorat Jenderal Imigrasi dengan melihat dan mempertimbangkan seluruh kasusnya," ujar Kakanwil Kemenkumham Bali Jamaruli Manihuruk, Rabu (11/5/2022), dilansir dari Antara.

Jeffrey memasuki wilayah Indonesia pertama kali melalui Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali pada akhir 2018 lalu, dengan menggunakan paspor saat ini. Ia juga sempat keluar wilayah Indonesia dan masuk kembali pada akhir 2019.

Baca Juga: Cara Lihat Update Perolehan Medali SEA Games Vietnam

Ia berniat pulang ke Kanada pada 2020 lalu. Namun, karena terjebak pandemi Covid-19, Jeffrey memilih tetap tinggal di Indonesia. Ia mengantongi izin tinggal yang berlaku hingga 27 April 2022.

Diketahui, Jeffrey dilaporkan telah mengunggah dirinya sedang menari tarian suku Maori yang berasal dari Selandia Baru. Ia menari tanpa busana di puncak Gunung Batur.

Jeffrey mengaku tidak bermaksud lecehkan budaya Bali. Ia membuat video tersebut tanpa paksaan siapapun dan hanya sekedar untuk mengekspresikan diri menari tarian HAKA dari Selandia Baru.

Baca Juga: Ridwan Kamil: PPKM Akan Selalu Ada Sampai Deklarasi Pandemi Menuju Endemi

Namun, aksinya justru mengundang banyak kecaman. Khususnya, dari warga lokal karena dianggap tidak menghormati budaya dan adat setempat.

Halaman:

Editor: Lucky Edwar

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Masalah LGBT Dalam Aturan Hukum di Indonesia

Senin, 9 Mei 2022 | 14:55 WIB

Polri Sebarkan Red Notice 3 Tersangka DNA Pro

Jumat, 22 April 2022 | 13:25 WIB
X