• Minggu, 22 Mei 2022

Taliban Terbitkan Dekrit Baru jika Perempuan Afghanistan Diwajibkan Memakai Burqa

- Kamis, 12 Mei 2022 | 16:45 WIB
Ilustrasi Wanita Afghanistan memakai Burqa (Unsplash)
Ilustrasi Wanita Afghanistan memakai Burqa (Unsplash)

KETIKNEWS.ID,-- Pemimpin tertinggi Afghanistan dan kepala Taliban Hibatullah Akhundzada mengeluarkan dekrit yang memerintahkan wanita untuk menutupi tubuh sepenuhnya.

Dekrit yang diterbitkan Taliban pada Sabtu (7/5/22) memerintahkan perempuan Afghanistan wajib menutupi wajah mereka hingga kaki.

Alasan pemakaian burqa, kata Akhundzada adalah melestarikan tradisi perempuan Afghanistan dan menjaga kehormatan.

Baca Juga: Antisipasi Korban Berjatuhan, BMKG Cek Kesiapan Instrumen Peringatan Dini Gempa dan Tsunami

"Perempuan Afganistan harus mengenakan burqa lantaran itu adalah pakaian tradisi dan penuh hormat," katanya sebagaimana dari Reuters, Kamis (12/5/22).

Disebutkannya, bilamana perempuan (anak atau saudari perempuan) tidak menutupi wajahnya di luar rumah, maka ayah atau kerabat laki-lakinya akan didatangi dan dipecat, bahkan dipenjarakan.

"Para perempuan yang tidak terlalu tua atau muda harus menutup wajah mereka, kecuali mata, sesuai petunjuk syariah. Ini untuk menghindari provokasi ketika bertemu pria yang bukan mahram (kerabat dekat pria dewasa)," ujar dia.

Baca Juga: WNA Asal Kanada Resmi Diusir dari Bali setelah Membuat Video Joget Bugil

Akhundzada juga mengumumkan warna khusus bagi penutup wajah idealnya adalah burqa biru yang menutup semua tubuh. Warna itu menjadi simbol global rezim garis keras Taliban sebelumnya dari tahun 1996 hingga 2001,

Halaman:

Editor: Lucky Edwar

Sumber: nu.or.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X