• Senin, 23 Mei 2022

Kim Jong-un Konfirmasi Kasus Covid-19 Pertama di Korea Utara

- Kamis, 12 Mei 2022 | 17:12 WIB
Dalam foto yang disediakan oleh pemerintah Korea Utara, pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, tengah, menghadiri pertemuan Komite Sentral Partai Buruh yang berkuasa di Pyongyang, Korea Utara Kamis, 12 Mei 2022. (KCNA)
Dalam foto yang disediakan oleh pemerintah Korea Utara, pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, tengah, menghadiri pertemuan Komite Sentral Partai Buruh yang berkuasa di Pyongyang, Korea Utara Kamis, 12 Mei 2022. (KCNA)


KETIKNEWS.ID,-- Korea Utara mengumumkan kasus Covid-19 pertamanya. Pengumuman tersebut diumumkan kantor berita nasionalnya KCNA pada Kamis (12/5).

KCNA melaporkan, berdasarkan tes yang dilakukan pada Minggu (8/5) terhadap beberapa orang yang demam di Pyongyang, dikonfirmasi bahwa mereka terinfeksi varian Omicron.

Kendati demikian, tidak dirinci berapa orang yang dites dan berapa yang positif Covid-19 varian Omicron.

Baca Juga: Korea Utara Konfirmasi Kasus Covid-19 Pertama, Terapkan Status Darurat

Euronews melaporkan, kasus Covid-19 di Korea Utara bisa menimbulkan konsekuensi yang parah karena negara itu memiliki sistem perawatan kesehatan yang buruk dan 26 juta orangnya diyakini sebagian besar tidak divaksinasi.

Sebagai tanggapan, Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un menyerukan lockdown total untuk kota-kota dan berbagai wilayah. Namun, dia tidak merinci lebih lanjut bagaimana penerapan lockdown tersebut.

Dalam pertemuan Politibiro Partai Buruh Korea, Kim Jong Un mengatakan bahwa tempat kerja harus diisolasi oleh unit untuk menahan penyebaran virus.

Baca Juga: Utusan Nuklir Korsel dan Amerika Serikat Kecam Peluncuran Rudal Korea Utara

Kim Jong Un mengatakan, sangat penting untuk menghilangkan sumber infeksi secepat mungkin dan dia menegaskan negaranya akan mengatasinya. Dia menggambarkan kasus Covid-19 pertama di Korea Utara tersebut sebagai wabah yang tak terduga.

Terlepas dari keputusan untuk meningkatkan langkah-langkah anti-virus, Kim memerintahkan para pejabat untuk melanjutkan konstruksi terjadwal, pengembangan pertanian, dan proyek-proyek negara lainnya, sambil memperkuat postur pertahanan negara untuk menghindari kekosongan keamanan.

(Ridwan Alawi/ ketiknews)

Halaman:

Editor: Lucky Edwar

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

AS Hadirkan Pameran Sneaker Karya Virgil Abloh

Senin, 23 Mei 2022 | 11:03 WIB

TikTok Menambahkan Fitur Game dalam Aplikasinya

Senin, 23 Mei 2022 | 10:04 WIB
X