• Minggu, 22 Mei 2022

Kemenkes Pastikan Penyakit Hepatitis Akut Tidak Akan Jadi Pandemi

- Kamis, 12 Mei 2022 | 17:43 WIB
Ilustrasi - Hepatitis Misterius Akut Harus Diwaspadai Oleh Orang Dewasa Hingga LansiaKemenkes Pastikan Penyakit Hepatitis Akut Tidak Akan Jadi Pandemi. (Sekretariat Kabinet)
Ilustrasi - Hepatitis Misterius Akut Harus Diwaspadai Oleh Orang Dewasa Hingga LansiaKemenkes Pastikan Penyakit Hepatitis Akut Tidak Akan Jadi Pandemi. (Sekretariat Kabinet)

KETIKNEWS.ID,-- Juru Bicara Kementerian Kesehatan dr Siti Nadia Tarmizi mengatakan penyakit hepatitis akut yang sudah masuk ke Indonesia tidak akan jadi pandemi.

Sebab, lanjutnya, kasus hepatitis akut ini secara global bergerak lambat.

"Tidak berpeluang pandemi jika melihat perkembangan jumlah kasus dan sampai saat ini hanya enam negara yang melaporkan hepatitis akut dengan jumlah kasus lebih dari enam pasien," katanya saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu 12 Mei 2022 seperti dilansir dari ANTARA.

Baca Juga: Pertengahan Tahun 2022, Heritage Braga Kota Bandung Akan Diresmikan Jadi Urban Data Lab

Ia mengatakan bahwa seluruh kasus tersebut bersifat "probable" hepatitis akut misterius.

"Sementara total kasus probable hepatitis akut secara global berjumlah 348 dengan 70 kasus tambahan yang masih dalam penyelidikan," kata Siti Nadia Tarmizi.

Dikonfirmasi terpisah, mantan Direktur Penyakit Menular WHO Asia Tenggara Prof Tjandra Yoga Aditama mengatakan kemungkinan hepatitis akut menjadi pandemi perlu melalui kajian pendahuluan WHO.

Baca Juga: Kim Jong-un Konfirmasi Kasus Covid-19 Pertama di Korea Utara

"Tentang kemungkinan penyakit apapun jadi pandemi, maka akan melalui proses ditentukan dulu sebagai Public Health Emergency of International Concern (PHEIC)," katanya.

Halaman:

Editor: Riedha Adriyana

Sumber: ANTARA

Tags

Artikel Terkait

Terkini

I-Comerds, Aplikasi untuk Berantas Uang Palsu

Kamis, 19 Mei 2022 | 17:49 WIB
X