• Jumat, 7 Oktober 2022

Kemenkes Aktifkan Lagi 300 Ribu Posyandu tuk Dukung Bulan Imunisasi Anak

- Kamis, 12 Mei 2022 | 17:55 WIB
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam Temu Media Bulan Imunisasi Nasional Virtual di Toutube, Kamis (12/5). (Tangkapan layar)
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam Temu Media Bulan Imunisasi Nasional Virtual di Toutube, Kamis (12/5). (Tangkapan layar)


KETIKNEWS.ID,-- Guna mendukung program Bulan Imunisasi Anak Nasional 2022 berjalan optimal, Kementerian Kesehatan RI mengaktifkan kembali peran fasilitas pelayanan kesehatan posyandu di seluruh daerah.

"Sulit bagi pemerintah memberikan layanan kesehatan ke 80 ribu desa, 514 kabupaten/kota di 34 provinsi kalau hanya mengandalkan puskesmas yang jumlahnya sekitar 10 ribuan," kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin pada Temu Media Bulan Imunisasi Nasional virtual di YouTube Kemenkes RI, Kamis (12/5).

Baca Juga: Kemenkes Gabungkan Riwayat Imunisasi Anak ke PeduliLindungi

Budi mengatakan jumlah puskesmas saat ini tidak akan cukup menjangkau masyarakat hingga ke seluruh pelosok Tanah Air.

Kemenkes perlu memperluas jangkauan layanan kesehatan dengan memanfaatkan tambahan fasilitas kesehatan sesuai kebutuhan yang berjumlah sekitar 300 ribuan unit hingga kawasan pelosok.

"Kita sudah amati, fasilitas kesehatan yang jumlahnya sekitar 300 ribuan unit adalah posyandu yang sudah dibuat cukup lama, berjalan baik dan dikenal masyarakat di seluruh pelosok Indonesia," ujarnya.

Baca Juga: Kemenkes Pastikan Penyakit Hepatitis Akut Tidak Akan Jadi Pandemi

Untuk itu, Kemenkes bersama Kementerian Dalam Negeri dan pemerintah daerah mengaktifkan kembali posyandu dalam memberikan pelayanan kesehatan standar kepada masyarakat.

Dalam implementasinya, kata Budi, akan ada 10 hingga 20 layanan kesehatan primer yang bisa diberikan oleh posyandu kepada masyarakat. "Kita akan pastikan seluruh sarana dan prasarana pendukung segera dilengkapi. Salah satunya imunisasi," katanya.

(Ridwan Alawi/ ketiknews)

Halaman:

Editor: Lucky Edwar

Sumber: Kemenkes

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Polisi Tetapkan 6 Tersangka Tragedi Kanjuruhan

Kamis, 6 Oktober 2022 | 21:05 WIB

Lirik Lagu Kanjuruhan Karya Iwan Fals

Kamis, 6 Oktober 2022 | 16:14 WIB
X