• Kamis, 18 Agustus 2022

Menag: Ada Dua Syarat Wajib Calon Jemaah Haji 2022

- Selasa, 17 Mei 2022 | 13:46 WIB
Yaqut Cholil Qoumas pada Keterangan Pers, Selasa (17/5) yang disiarkan Youtube Sekretariat Presiden. (Tangkapan layar)
Yaqut Cholil Qoumas pada Keterangan Pers, Selasa (17/5) yang disiarkan Youtube Sekretariat Presiden. (Tangkapan layar)

KETIKNEWS.ID,-- Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan pemerintah telah siap melayani para jemaah haji dengan menyiapkan skema keberangkatan hingga kepulangan jemaah haji.

"Pemerintah sudah siap melayani jemaah haji mulai dari berangkat sampai pulang kembali di Tanah Air. Kita sudah siapkan skema dari A sampai Z. Termasuk skema protokol kesehatan yang disyaratkan," ujar Yaqut Cholil pada Keterangan Pers, Selasa (17/5) yang disiarkan Youtube Sekretariat Presiden.

Yaqut Cholil menegaskan dua syarat wajib bagi calon jemaah haji saat ini. Pertama, calon jemaah haji minimal telah mengikuti vaksinasi dosis dua. Dan kedua, calon jemaah haji harus berusia di bawah 65 tahun.

Baca Juga: Karena Alasan Pembatasan Usia, Ratusan Calon Jemaah Haji Aceh Undurkan Diri

Hal itu menjadi persyaratan yang telah ditetapkan oleh pemerintah Arab Saudi.

"Seperti, harus minimal sudah vaksin lengkap dua vaksin (Covid-19), dan ini harus dipenuhi oleh jemaah haji yang ingin berangkat ke Tanah Suci. Ini diikhtiarkan terus agar seluruh calon jemaah yang berangkat ke Arab Saudi nanti sudah tervaksin sebanyak dua kali," lanjutnya.

Selain itu, pemerintah Arab Saudi sudah menetapkan batasan usia jemaah haji, yakni di bawah 65 tahun. Sehingga, pemerintah akan tegas menolak jemaah yang berusia lebih dari 65 tahun.

"Pemerintah tegas menjalankan ini. Dan kalau lebih dari 65 tahun sistem mereka (Arab Saudi) akan menolak, jadi pembatasan ini syarat yang ditentukan oleh pemerintah kerajaan Arab Saudi," ungkap Yaqut.

Baca Juga: Berikut Biaya Haji per Embarkasi Menurut Keppres BPIH 2022

Halaman:

Editor: Lucky Edwar

Sumber: Sekretariat Presiden

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemerintah Berencana akan Naikan Harga Pertalite

Selasa, 16 Agustus 2022 | 15:33 WIB

HUT RI Ke-77 Usung Konsep Sejarah Bangsa Indonesia

Senin, 15 Agustus 2022 | 10:50 WIB
X