• Selasa, 16 Agustus 2022

Jaksa Agung Geram dengan Terdakwa yang Pakai Atribut Agama saat di Sidang

- Selasa, 17 Mei 2022 | 14:03 WIB
Jaksa Agung ST Burhanuddin (Dok Kejaksaan Agung)
Jaksa Agung ST Burhanuddin (Dok Kejaksaan Agung)

KETIKNEWS.ID,-- Jaksa Agung ST Burhanuddin merasa geram dengan tindakan sejumlah terdakwa yang kerap menggunakan atribut agama dalam ruang sidang, apalagi yang mendadak menggunakannya sebelum terlilit kasus.

Dia mengaku pernah memerintahkan bawahnnya untuk mengganti baju terdakwa dengan rompi saja. Ia pun tak segan kepada para terdakwa untuk mengganti bajunya yang menggunakan atribut agama.

"Makanya saya melarang teman-teman itu di daerah, dulu itu kalau sidang, terdakwa itu pakainya, dikasih baju koko, pakai peci, saya marah, Mas. Kok begini, saya bilang, 'Ganti,'" ucap Burhanuddin, dikutip melalui podcast Deddy Corbuzier, (17/5/2022).

Baca Juga: Menag: Ada Dua Syarat Wajib Calon Jemaah Haji 2022

Kemarahan Burhanuddin bukan tanpa alasan, ia merasa baju yang melambangkan agama tertentu merupakan baju suci yang tak pantas dikenakan dalam sebuah persidangan.

"Makanya selalu dikatakan bahwa koruptor itu adalah kerah putih, saya nggak tahu sekarang malah nggak pakai kerah putih lagi, pakai kaus oblong juga bisa. Jangankan kaus oblong, kayak ustaz gini saja bisa," katanya.

Misalnya seorang terdakwa perempuan yang semula tak pernah mengenakan hijab, namun saat di persidangan malah tampil dengan balutan busana muslim lengkap dengan hijab di kepalanya.

Baca Juga: Trump Harus Verifikasi Konten Terlebih Dahulu Sebelum Unggah di Media Sosial

Hal itu menurutnya sebagai bentuk merusak citra hijab karena dikenakan oleh seorang terdakwa.

Halaman:

Editor: Lucky Edwar

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

HUT RI Ke-77 Usung Konsep Sejarah Bangsa Indonesia

Senin, 15 Agustus 2022 | 10:50 WIB
X