• Minggu, 3 Juli 2022

Kim Jong-un Marah, Sebut Pejabat Tinggi Korea Utara Gagal Tangani Penyebaran COVID-19

- Rabu, 18 Mei 2022 | 14:00 WIB
Pemimpin atau Presiden Korea Utara, Kim Jong-un. (KBS News)
Pemimpin atau Presiden Korea Utara, Kim Jong-un. (KBS News)

KETIKNEWS.ID,-- Presiden atau pemimpin Korea Utara Kim Jong-un menegur para pejabat senior Korea Utara yang gagal menangani penyebaran awal COVID-19, di tengah laporan penyebaran virus yang berlangsung cepat di negara itu.

Kantor Berita Pusat Korea Utara (KCNA) pada hari Rabu (18/05) memberitakan bahwa Kim memimpin pertemuan Presidium Biro Politik Komite Pusat Partai Buruh pada hari sebelumnya untuk membahas penularan virus corona dan masalah domestik lainnya.

Baca Juga: Sempat Trending di Twitter! Ada Apa dengan Miyabi dan Ustad Abdul Somad?

Menurut media resmi pemerintah Kore Utara tersebut, Kim mengkritik ketidakdewasaan organisasi nasional pada tahap awal upaya mengatasi kondisi yang disebutnya sebagai krisis karantina pertama sejak berdirinya negara, dan menegur sikap pasif dan kepuasan pejabat tinggi mengenai masalah itu.

Mengkritik pejabat karena semakin rumitnya situasi dalam perlombaan melawan waktu, Kim mendesak "setiap unit dan pekerja" untuk menyadari gentingnya situasi saat ini dan tetap waspada terhadap kurangnya persepsi dan persiapan serta interpretasi dan perilaku yang sewenang-wenang.

Baca Juga: Mengerikan, Pasangan LGBT di London Terinfeksi Penyakit Langka Cacar Monyet

Menurut markas besar karantina darurat nasional Korea Utara, sekitar 232 ribu kasus COVID-19 baru dilaporkan di seluruh Korea Utara pada antara pukul18.00 hari Senin (16/05) dan 18.00 hari Selasa (17/05), dengan total kasus kumulatif sejak akhir bulan lalu melonjak menjadi lebih dari 1,71 juta kasus.

Dilaporkan bahwa enam orang meninggal dunia dalam 24 jam terakhir, sehingga jumlah kasus kematian telah tercatat sebanyak 62 kasus.

Editor: Riedha Adriyana

Sumber: KCNA, KBS

Tags

Artikel Terkait

Terkini

TikTok Sediakan Program 'Follow Me' untuk UKM

Jumat, 1 Juli 2022 | 10:52 WIB

Eropa Protes Google Soal Privasi Data

Kamis, 30 Juni 2022 | 14:22 WIB

TikTok Terancam Didepak dari Pusat Aplikasi

Kamis, 30 Juni 2022 | 09:32 WIB

Facebook Kenalkan Fitur Baru untuk Obrolan Grup

Rabu, 29 Juni 2022 | 13:19 WIB
X