• Senin, 27 Juni 2022

Waspadai PMK, Surat Keterangan Kesehatan Hewan Jadi Syarat Jual Hewan Kurban

- Jumat, 20 Mei 2022 | 16:27 WIB
Waspadai PMK, Surat Keterangan Kesehatan Hewan Jadi Syarat Hewan Layak Jual. (Humas Jabar)
Waspadai PMK, Surat Keterangan Kesehatan Hewan Jadi Syarat Hewan Layak Jual. (Humas Jabar)

KETIKNEWS.ID,-- Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bandung mengimbau para peternak dan panita kurban untuk menyediakan Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH).

Surat ini berfungsi sebagai verifikasi jaminan keamanan hewan kurban dari PMK.

Kepala Bidang Keamanan Pangan DKPP Kota Bandung drh. Ermariah mengaku, sejak dulu pihaknya sudah menerapkan aturan terkait Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) yang berfungsi sebagai verifikasi jaminan keamanan hewan kurban dari PMK.

Baca Juga: Tambah Koleksi, Seekor Bayi Tapir Lahir di Kebun Binatan Bandung

"Kita memang sudah pakai ini dari dulu, tapi sekarang lebih diperketat lagi. Izin rekomendasi pengeluaran hewan dari daerah asal, dan surat persetujuan dari daerah yang menerima juga akan kita gencarkan kembali," ucap Ermarian, Jumat, (20/05/2022).

Ermaria juga mengatakan, timnya selalu memantau berkala secara rutin. Jika ditemukan indikasi infeksi PMK pada hewan, akan segera dibawa ke lab di Subang.

Beberapa ciri gejala PMK ini antara lain, suhu hewan mencapai 39 derajat. Ada lepuhan seperti cacar di sekitar mulutnya. Lalu, di kakinya terdapat luka merah di sela-sela kuku. Jika ditemukan hewan yang tidak layak jual, maka harus dipisahkan dan tidak diberikan penanda kalung.

Baca Juga: Kamu Harus Tahu, Ini 10 Destinasi Wisata di Sulawesi Utara yang Menakjubkan

"Maka dari itu, kondisi kandang harus selalu bersih. Semua yang keluar masuk kandang harus desinfeksi. Orang kandang harus punya baju kandang sendiri. Kami sudah fasilitasi itu untuk para peternak," tuturnya.

Halaman:

Editor: Riedha Adriyana

Sumber: Pemprov Jabar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gempa Besar Akibat Sesar Baribis Ancam Jakarta

Sabtu, 25 Juni 2022 | 11:27 WIB

Anies Baswedan: Grand Launching JIS Juli 2022

Kamis, 23 Juni 2022 | 19:16 WIB
X