• Kamis, 18 Agustus 2022

Jawa Barat Sediakan Tes RT-PCR Gratis Bagi Calon Jemaah Haji

- Kamis, 26 Mei 2022 | 16:50 WIB
Ilustrasi: Tes PCR. (Kemenkes)
Ilustrasi: Tes PCR. (Kemenkes)

KETIKNEWS.ID,-- Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat menyediakan layanan tes RT-PCR gratis bagi calon jemaah haji dari Jawa Barat.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Jawa Barat, Ryan Bayusantika Ristandi menjelaskan, Pemerintah Arab Saudi mensyaratkan anggota jamaah haji bebas Covid-19 berdasarkan hasil pemeriksaan RT-PCR.

"Selain mendapatkan suntikan vaksin kedua, Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan mensyaratkan hasil negatif satu hari sebelum keberangkatan," kata Ryan dalam keterangan resmi, Kamis (26/5).

Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat menyediakan pelayanan tes RT-PCR gratis bagi warga yang hendak menunaikan ibadah haji mulai dari 10 hingga 14 hari sebelum keberangkatan.

Baca Juga: Cuaca Panas di Arab Saudi Bisa Capai 50 Derat Celcius, Menag Minta Jemaah Haji Jaga Kesehatan

"Kami ingin memastikan para calon haji asal Jabar melakukan tes PCR dari 10 hingga 14 hari sebelum keberangkatan, dan itu bisa dilakukan di daerah masing-masing," katanya.

Hal ini dilakukan sebagai bentuk antisipasi bila ada calon jemaah yang hasil pemeriksaannya positif, masih punya waktu untuk menjalani karantina dan penyembuhan.

"Jadi ini adalah bentuk antisipasi jauh hari sebelumnya. Ketika dilakukan tes PCR lagi satu hari sebelum keberangkatan, diharapkan hasilnya sudah negatif," katanya.

Ryan menekankan bagi jemaah yang telah menjalani tes RT-PCR untuk membatasi interaksi dengan orang lain guna meminimalkan risiko tertular virus corona penyebab COVID-19.

Halaman:

Editor: Lucky Edwar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X