• Kamis, 1 Desember 2022

Seorang Peretas Bocorkan Dokumen-Foto Kekejaman China Terhadap Muslim Uighur

- Senin, 30 Mei 2022 | 15:37 WIB
Foto-foto Warga Muslim Uighur yang ada dalam dokumen Xianjiang Files
Foto-foto Warga Muslim Uighur yang ada dalam dokumen Xianjiang Files

KETIKNEWS.ID,-- Kumpulan dokumen yang bocor dan dikenal sebagai “Xinjiang Files” mengungkap pelanggaran hak asasi manusia berat terhadap minoritas Uighur di kawasan itu. Para ahli menilai dokumen tersebut hampir pasti asli.

Dokumen-dokumen dan foto-foto yang dibocorkan menyoroti metode brutal yang digunakan oleh pemerintah China terhadap minoritas Muslim Uighur di wilayah barat laut Xinjiang.

Menurut dokumen-dokumen itu, pemerintah China menerapkan kebijakan tembak mati untuk warga Uighur yang berani melarikan diri dari kamp penahanan.

Baca Juga: Jokowi Turut Sampaikan Empati ke Emmeril, Keluarga Ridwan Kamil: Membesarkan Hati Kami

Foto-foto itu diambil pada paruh pertama tahun 2018 di pusat-pusat penahanan dan kantor polisi di daerah Konasher disebut Shufu dalam bahasa China di prefektur Kashgar.

Dokumen-dokumen itu juga bertentangan dengan pernyataan resmi pejabat pemerintahan, bahwa warga Uighur secara sukarela memilih untuk menghadiri “pusat-pusat pembinaan” tersebut.

Berkas yang dijuluki “Xinjiang Police File” itu didapat setelah para peretas berhasil masuk ke database kepolisian di Xinjiang dan kemudian menyerahkan seluruh buktinya kepada peneliti dan aktivis asal Amerika Serikat, Dr Adrian Zenz.

Baca Juga: Genjot Ekonomi, 20 Tempat Parkir Elektronik di Kota Bandung Dioptimalisasi

Kementerian Luar Negeri China menolak dokumen-dokuman bocoran itu sebagai ” bahan yang difabrikasi ” oleh “kekuatan anti-China yang menodai Xinjiang.” Juru bicara Kementerian Luar Negeri Wang Wenbin mengatakan media-media tengah “menyebarkan kebohongan dan rumor.”

Halaman:

Editor: Lucky Edwar

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Elon Musk Sebut Apple akan Blokir Twitter dari App Store

Selasa, 29 November 2022 | 11:13 WIB
X