• Rabu, 10 Agustus 2022

Tunjang Pelaksanaan Haji, Kemenkes Siapkan Fasilitas Kesehatan dan 12 Dokter Spesialis

- Jumat, 3 Juni 2022 | 13:08 WIB
Ilustrasi - Tunjang Pelaksanaan Haji, Kemenkes Siapkan Fasilitas Kesehatan dan 12 Spesialis Dokter. (Dok. setkab)
Ilustrasi - Tunjang Pelaksanaan Haji, Kemenkes Siapkan Fasilitas Kesehatan dan 12 Spesialis Dokter. (Dok. setkab)

KETIKNEWS.ID,-- Pemerintah Arab Saudi memberikan kuota sebanyak 100.051 bagi warga negara Indonesia (WNI) untuk dapat mengikuti pelaksanaan ibadah haji tahun ini.

Sebanyak 776 petugas dari Kementerian Kesehatan yang terdiri dari 304 orang Petugas Pelaksana Ibadah Haji (PPIH) dan 472 orang Tenaga Kesehatan Haji (TKH) dipersiapkan untuk menunjang pelaksanaan ibadah haji.

Menurut Kepala Pusat Kesehatan Haji Kemenkes, dr. Budi Sylvana, MARS, petugas kesehatan yang terlibat pada ibadah haji tahun ini memang mengalami penurunan secara jumlah, namun dari sisi komposisi jenis tenaga kesehatan ada penambahan.

Baca Juga: Amankan Balapan Formula E, Polda Metro Jaya Turunkan 1.778 Personelnya

Hal tersebut disesuaikan dengan kebijakan dari Arab Saudi terkait jumlah kuota dan juga kondisi pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) yang masih berlangsung hingga saat ini.

“Untuk petugas kesehatan bervariasi, dari quantity ada pengurangan jumlah, namun dari sisi komposisi ada penambahan, saat ini 12 jenis spesialisasi yang kita turunkan,” kata dr. Budi ketika melakukan jumpa pers secara virtual melalui saluran YouTube Kemenkes RI, Kamis (2/6/2022).

Dua belas tenaga dokter spesialis yang terlibat pada musim haji tahun ini terdiri dari dokter spesialis penyakit dalam, dokter spesialis paru, dokter spesialis syaraf, dokter spesialis bedah orthopedi, dokter spesialis bedah umum, dokter spesialis kedokteran jiwa.

Baca Juga: Dukung Kesetaraan Gender di Industri Musik, Spotify Pajang Wajah Musisi Indonesia di Kancah Dunia

Selain itu, ada dokter spesialis anastesi, dokter spesialis rehab medik, dokter spesialis emergensi medis, dokter spesialis kedokteran penerbangan dan dokter spesialis mikrobiologi klinik.

Halaman:

Editor: Riedha Adriyana

Sumber: Sehat Negeriku

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Imbas Blokir Paypal Cs, Kominfo akan Digugat

Senin, 8 Agustus 2022 | 17:44 WIB

Doni Salmanan Tipu 25.000 Orang untuk Daftar Quotex

Kamis, 4 Agustus 2022 | 15:17 WIB

7 Filosofi Logo HUT ke-77 RI 17 Agustus 2022

Rabu, 3 Agustus 2022 | 18:54 WIB
X