• Senin, 8 Agustus 2022

China Larang Membuat Tato Bagi Anak di Bawah Umur

- Selasa, 14 Juni 2022 | 14:46 WIB
Ilustrasi larangan pembuatan tato bagi anak dibawah umur di China (unsplash)
Ilustrasi larangan pembuatan tato bagi anak dibawah umur di China (unsplash)

KETIKNEWS.ID,-- China melarang tato pada anak di bawah umur. Bahkan, jika telah mendapatkan persetujuan dari orang tuanya.

Kementerian Urusan Sipil China, mempertegas larangan yang telah dikeluarkan oleh Departemen Perlindungan Anak di Bawah Umur Dewan Negara.

“Perusahaan, lembaga, atau perorangan dilarang memberikan pelayanan tato kepada anak-anak atau memberikan tato dengan cara memaksa, menghasut, atau membujuk anak-anak,” demikian bunyi aturan baru tersebut, dilansir dari Antara.

Baca Juga: Yana Mulyana Minta MUI Kota Bandung Sosialisasikan Panduan Ibadah Kurban

Aturan tersebut mewajibkan para orang tua dan wali menjalankan perwaliannya sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Ini agar anak-anak terhindarkan dari upaya percobaan memasang tato di anggota tubuhnya.

Berdasarkan Undang-Undang Perlindungan Anak di Bawah Umur, orang tua atau wali tidak boleh melakukan tindakan yang melanggar kesehatan fisik dan mental anak di bawah umur. Sehingga, layanan tato tidak boleh diberikan kepada anak-anak, meskipun telah mendapatkan persetujuan dari orang tuanya.

Dalam aturan tato yang baru juga disebutkan, bahwa orang tua yang menjalankan usaha salon tato juga dilarang merajah kulit tubuh anaknya sendiri. Penyedia layanan tato yang menawarkan tato kepada anak-anak di bawah umur bisa dikenai sanksi pidana.

Baca Juga: Tiket Terjual Cepat, Asepa Tambah Jadwal Showcase di Amerika Serikat

Usaha jasa tato, salon, dan klinik kesehatan yang memberikan pelayanan jasa tato harus membuat pernyataan tidak memberikan pelayanan kepada anak-anak di bawah umur. Mereka diminta menanyakan kartu identitas kepada para pengguna jasanya untuk mengetahui usia seperti tercantum dalam aturan pertatoan yang baru. (Tatan/Ketiknews.id)

Halaman:

Editor: Lucky Edwar

Sumber: ANTARA

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PBB Puji Mesir Redakan Konflik Israel dan Gaza

Senin, 8 Agustus 2022 | 15:39 WIB

Korsel Ciptakan Tato Pemantau Kesehatan

Senin, 8 Agustus 2022 | 11:23 WIB
X