• Kamis, 18 Agustus 2022

800 Ribu Vaksin PMK Tiba di Indonesia, Mentan: Langsung Didistribusikan ke Berbagai Daerah

- Jumat, 17 Juni 2022 | 13:02 WIB
Ilustrasi - 800 Ribu Vaksin PMK Tiba di Indonesia, Mentan: Akan Langsung Didistribusikan ke Berbagai Daerah. (ilustrasi pixabay.com)
Ilustrasi - 800 Ribu Vaksin PMK Tiba di Indonesia, Mentan: Akan Langsung Didistribusikan ke Berbagai Daerah. (ilustrasi pixabay.com)

KETIKNEWS.ID,-- 800 ribu dosis vaksin penyakit mulut dan kuku (PMK) telah di Bandara Soekarno-Hatta Tangerang, Banten, pada Jumat (17/6) dini hari.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyebutkan vaksin PMK ini akan langsung didistribusikan ke berbagai daerah sebagai upaya percepatan penanganan wabah PMK.

"Hari ini kami dapatkan 800 ribu dosis dan mulai besok sudah bisa dilakukan delivery. Dan 3 juta dosis kami sudah yakinkan bisa sampai di Indonesia, secara bertahap tentu saja," kata Mentan Syahrul dalam keterangannya saat menerima kedatangan vaksin di Bandara Soekarno-Hatta, seperti dikutip dari ANTARA.

Baca Juga: Dukung Penuh Rehabilitasi IPAL Bojongsoang, Ema Sumarna: Meningkatkan Produksi Air Bersih di Kota Bandung

Mentan berharap kedatangan vaksin bisa disambut dengan sigap melalui kerja sama yang baik oleh pemerintah daerah, crisis center, dan gugus tugas di kabupaten dan provinsi, sehingga mampu mempersiapkan penyuntikan sekaligus melakukan pengobatan secara maksimal.

"Saya berharap gugus tugas yang ada di kabupaten, crisis center yang ada di kabupaten atau provinsi, dan secara nasional sudah mempersiapkan diri untuk melakukan penyuntikan vaksin," katanya.

Mentan menerangkan distribusi vaksin akan dilakukan pada wilayah wabah PMK yang sudah dipetakan sebelumnya. Kementerian Pertanian sudah mengategorikan hewan ternak yang diprioritaskan mendapatkan vaksin PMK.

Baca Juga: Uniqlo Rilis UT Peace for All Tuk Dukung Perdamaian Dunia

Penyuntikan vaksin akan diprioritaskan untuk hewan sehat yang berada di zona merah dan kuning. Selain itu, vaksin PMK juga diprioritaskan pada hewan ternak yang berada di wilayah sumber pembibitan, serta bagi ternak yang berada di wilayah sentra peternakan sapi perah.

Halaman:

Editor: Riedha Adriyana

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemerintah Berencana akan Naikan Harga Pertalite

Selasa, 16 Agustus 2022 | 15:33 WIB

HUT RI Ke-77 Usung Konsep Sejarah Bangsa Indonesia

Senin, 15 Agustus 2022 | 10:50 WIB
X