• Senin, 27 Juni 2022

PMK Kian Marak, DPR Minta Pemerintah Turut Perhatikan Peternak Rumahan

- Jumat, 17 Juni 2022 | 18:47 WIB
Anggota Komisi IV DPR RI Daniel Johan (Foto: dok.DPR RI)
Anggota Komisi IV DPR RI Daniel Johan (Foto: dok.DPR RI)

KETIKNEWS.ID,-- Anggota Komisi IV DPR RI Daniel Johan meminta Pemerintah untuk turut memberikan perhatian terkait Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) bagi para peternak skala rumahan.

“Di desa-desa, banyak masyarakat yang beternak sapi atau kambing di rumahnya. Peternakan skala rumahan ini juga harus mendapat perhatian dari pemerintah untuk mengantisipasi penyebaran PMK,” kata Daniel dalam keterangan persnya, Jumat (17/6/2022).

Saat ini, pemerintah sedang berupaya memutus mata rantai penyebaran PMK melalui program vaksinasi untuk hewan-hewan yang belum terpapar PMK.

Baca Juga: Hadapi Varian Baru Omicron BA4 dan BA5, Yana Tegaskan Tetap Patuhi Prokes

Daniel meminta, vaksinasi juga menyasar sapi atau kambing yang diternak warga di rumahnya.

“Vaksinasi di peternakan besar memang sangat penting dilakukan. Tapi kita tidak boleh melupakan peternak skala kecil. Karena di desa-desa, sapi atau kambing adalah investasi kehidupan rakyat,” ucap Daniel.

Daniel meminta suku Dinas Pertanian untuk masuk ke desa-desa melakukan pengecekan dan vaksinasi terhadap sapi ternak warga dan segera melakukan pengobatan apabila ditemukan ada sapi yang sakit.

Baca Juga: Tanggapi Varian Baru Omicron BA4 dan BA5, Peneliti: Kemungkinan Menyebar Lebih Cepat Dibanding BA1 dan BA2

Ia juga meminta pemerintah melakukan sosialisasi serta edukasi hingga tingkat bawah. Penyebaran PMK sudah banyak membuat masyarakat ketakutan.

Halaman:

Editor: Riedha Adriyana

Sumber: Parlementaria

Tags

Artikel Terkait

Terkini

MUI Tetapak Vaksin Merah Putih Suci dan Halal

Senin, 27 Juni 2022 | 14:41 WIB
X