• Senin, 27 Juni 2022

Belanda Kenalkan Mobil Tenaga Surya Pertama di Dunia

- Senin, 20 Juni 2022 | 14:38 WIB
Mobil bertenaga surya Lightyear 0.  (Antara)
Mobil bertenaga surya Lightyear 0. (Antara)

KETIKNEWS.ID,-- Startup otomotif Belanda, Lightyear mengenalkan mobil produksi massal bertenaga surya pertama di dunia, "Lightyear 0", yang mampu melaju sejauh 70km dalam sehari pengisian baterai melalui sinar matahari.

Lightyear dalam siaran pers di laman resminya mengklaim bahwa mobil berjenis sedan itu mampu melaju 11 ribu kilometer per tahun, apabila penggunanya memanfaatkan tenaga surya setiap hari.

Perhitungan itu dilakukan dengan iklim Eropa dan hasilnya bisa berbeda di wilayah lain.

Baca Juga: Rusia Klaim Empat Tentara Bayaran Korea Selatan untuk Ukraina Terbunuh di Medan Tempur

Co-founder dan CEO Lightyear, Lex Hoefsloot menjelaskan perusahaan itu menghadirkan mobil bertenaga surya untuk mengantisipasi masalah limbah baterai yang dihasilkan mobil listrik di masa depan.

"Mobil listrik sudah menuju langkah yang benar, namun tetap menyimpan masalah. Sebab pada tahun 2030, akan ada 84 juta kendaraan listrik (EV) di Eropa saja," kata dia.

“Itu akan meningkatkan jejak karbon produksi dan pada gilirannya, meningkatkan bobot dan kebutuhan akan stasiun pengisian daya yang tinggi," tambah Lex Hoefsloot.

Baca Juga: Polisi Tetapkan Lima Tersangka Kasus Bungkus Night Jaksel

Perusahaan kemudian menjelaskan bahwa mobil Lightyear 0 berbobot 1,5 ton itu menggunakan panel surya pada bagian atapnya, sehingga bisa langsung mengisi baterai saat ada sinar matahari.

Halaman:

Editor: Lucky Edwar

Sumber: ANTARA

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ukraina di Bombardir Rusia ketika KTT G7 Digelar

Senin, 27 Juni 2022 | 11:52 WIB
X