• Senin, 27 Juni 2022

Sebut Tanah Melayu, Mantan PM Malaysia Klaim Kepulauan Riau Adalah Milik Negeri Jiran

- Rabu, 22 Juni 2022 | 12:54 WIB
Mantan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad. (pic/nasdem.id)
Mantan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad. (pic/nasdem.id)

KETIKNEWS.ID,-- Mantan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad, menuai kecaman usai mengatakan Negeri Jiran (Malaysia) seharusnya mengklaim Kepulauan Riau (Kepri) menjadi bagian mereka.

Dilansir The Straits Times Selasa (21/6/2022), Mahathir Mohamad melontarkan pernyataan kontroversial dengan menyebut Malaysia seharusnya mengklaim Singapura dan Kepulauan Riau yang merupakan wilayah Republik Indonesia.

Baca Juga: Saat Rumahnya Digrebek Massa, Ust Yusuf Mansur Adakan Perjalanan ke Yaman

Pernyataan Muhathir disampaikan saat berpidato dalam acara yang digelar sejumlah organisasi non-pemerintah di Negara Bagian Selangor.

Diketahui organisasi tersebut bernama Kongres Survival Melayu dan acara itu diberi judul “Aku Melayu: Survival Bermula”.

Baca Juga: China Uji Coba Luncurkan Rudal Antibalistik, Akui Bukan untuk Menyerang Negara Lain

Dalam pidatonya, Mahathir juga menyatakan bahwa pemerintah Malaysia menganggap lebih berharga untuk memenangkan kendali atas Pulau Sipadan dan Ligitan di Borneo saat Melawan di Mahkamah Internasional (ICJ), sembari menyerahkan Pedra Branca ke Singapura.

“Kita seharusnya menuntut tidak hanya Pedra Branc, atau Pulau Batu Puteh untuk dikembalikan kepada kita, kita seharusnya juga menuntut Singapura juga Kepulauan Riau, karena itu Tanah Melayu,” katanya.

Editor: Riedha Adriyana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ukraina di Bombardir Rusia ketika KTT G7 Digelar

Senin, 27 Juni 2022 | 11:52 WIB
X