• Senin, 27 Juni 2022

Alasan PN Surabaya Izinkan Nikah Beda Agama

- Rabu, 22 Juni 2022 | 13:58 WIB
PN Surabaya memberi izin permohonan pernikahan beda agama yang diajukan pasangan berinisial RA beragama Islam dan EDS beragama Kristen. (Ilustrasi beda agama/Universitas Airlangga)
PN Surabaya memberi izin permohonan pernikahan beda agama yang diajukan pasangan berinisial RA beragama Islam dan EDS beragama Kristen. (Ilustrasi beda agama/Universitas Airlangga)


KETIKNEWS.ID,-- Pengadilan Negeri Surabaya memberi izin permohonan pernikahan beda agama yang diajukan pasangan berinisial RA beragama Islam dan EDS beragama Kristen.

Pencatatan pernikahan keduanya sebelumnya telah ditolak oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil setempat. Kemudian keduanya mengajukan permohonan ke PN Surabaya.

"Permohonan masuk ke PN Surabaya pada 8 April 2022 dan ditetapkan pada 26 April 2022 lalu," kata Humas PN Surabaya, Suparno kepada wartawan, Selasa (21/6).

Baca Juga: MUI Sesalkan PN Surabaya yang Perbolehkan Nikah Beda Agama

Pihak PN Surabaya pun mengabulkan permohonan para pemohon untuk seluruhnya.

"Memberikan izin kepada para pemohon yang berbeda agama untuk melangsungkan pernikahan berbeda agama di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Surabaya," demikian putusan PN surabaya dilansir dari situs resminya, Rabu (22/6).

Hakim memerintahkan Pejabat Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kotamadya Surabaya untuk melakukan pencatan perkawinan beda agama para pemohon tersebut ke dalam register pencatatan perkawinan.

Perkara tersebut diputus pada tanggal 26 April 2022 oleh hakim tunggal, Imam Supriyadi dengan nomor perkara 916/Pdt.P/2022/PN Sby.

Sebelumnya, RA, calon pengantin pria beragama Islam bersama calon pengantin wanita beragama Kristen EDS, mendaftarkan pernikahan mereka ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Surabaya.

Baca Juga: Lewat RUU KIA, DPR Usulkan Cuti 40 Hari Bagi Suami yang Istrinya Melahirkan

Halaman:

Editor: Lucky Edwar

Sumber: PN Surabaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

MUI Tetapak Vaksin Merah Putih Suci dan Halal

Senin, 27 Juni 2022 | 14:41 WIB
X