• Senin, 27 Juni 2022

MUI Sesalkan PN Surabaya yang Perbolehkan Nikah Beda Agama

- Rabu, 22 Juni 2022 | 14:15 WIB
Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyesalkan, keputusan Pengadilan Negeri (PN) Surabaya yang mengesahkan pernikahan beda agama. (indonesia.go.id)
Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyesalkan, keputusan Pengadilan Negeri (PN) Surabaya yang mengesahkan pernikahan beda agama. (indonesia.go.id)


KETIKNEWS.ID,-- Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyesalkan, keputusan Pengadilan Negeri (PN) Surabaya yang mengesahkan pernikahan beda agama.

"Kedua pasangan berbeda agama dan berbeda keyakinan bertentangan dengan UU No.1 Tahun 1974 pasal Pasal 2 ayat 1, perkawinan adalah sah apabila dilakukan menurut hukum masing-masing agamanya dan kepercayaannya itu," ujar Sekjen MUI Amirsyah Tambunan, dalam keterangan tertulis, Rabu (22/6).

Sebelumnya, Pengadilan Negeri Surabaya memberikan izin permohonan pernikahan beda agama yang diajukan pasangan berinisial RA beragama Islam dan EDS beragama Kristen.

Baca Juga: Alasan PN Surabaya Izinkan Nikah Beda Agama

Pencatatan pernikahan keduanya sebelumnya telah ditolak oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil setempat. Kemudian keduanya mengajukan permohonan ke PN Surabaya.

"Permohonan masuk ke PN Surabaya pada 8 April 2022 dan ditetapkan pada 26 April 2022 lalu," kata Humas PN Surabaya, Suparno kepada wartawan, Selasa (21/6).

Baca Juga: Banyak Dialami Jemaah Haji Indonesia, Begini Cara Mencegah Hipertensi

Pihak PN Surabaya pun mengabulkan permohonan para pemohon untuk seluruhnya.

"Memberikan izin kepada para pemohon yang berbeda agama untuk melangsungkan pernikahan berbeda agama di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Surabaya," demikian putusan PN surabaya dilansir dari situs resminya, Rabu (22/6).

Hakim pun memerintahkan Pejabat Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kotamadya Surabaya, untuk mencatat perkawinan beda agama pemohon tersebut dalam register pencatatan perkawinan.

Halaman:

Editor: Lucky Edwar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

MUI Tetapak Vaksin Merah Putih Suci dan Halal

Senin, 27 Juni 2022 | 14:41 WIB
X