• Minggu, 26 Juni 2022

Cegah Invasi Korea Utara, Militer AS Berlakukan Penggunaan Ranjau Darat di Semenanjung Korea

- Rabu, 22 Juni 2022 | 17:09 WIB
ilustrasi- Cegah Invasi Korea Utara, Militer AS Berlakukan Penggunaan Ranjau Darat di Semenanjung Korea. (srv1.portal.p-cd.ne)
ilustrasi- Cegah Invasi Korea Utara, Militer AS Berlakukan Penggunaan Ranjau Darat di Semenanjung Korea. (srv1.portal.p-cd.ne)

KETIKNEWS.ID,-- Amerika Serikat melarang militernya di seluruh dunia untuk menggunakan ranjau darat kecuali di Semenanjung Korea.

Hal itu dikarenakan untuk mengurangi dampak merugikan dari senjata tersebut terhadap warga sipil.

Gedung Putih mengumumkan keputusan itu dalam sebuah pernyataan pada hari Selasa (21/06), menyatakan keyakinan Presiden Joe Biden bahwa senjata tersebut menimbulkan bahaya serius bagi warga sipil dan menuangkan keyakinan tersebut dalam langkah pembatasan penggunaannya di seluruh dunia.

Baca Juga: Akibat Krisis Ekonomi Kian Parah, Sri Lanka Tutup Kantor dan Sekolah

Berdasarkan hal tersebut, pengembangan, produksi, ekspor, dan perolehan ranjau darat anti-personil oleh militer AS akan dilarang.

Kecuali bila diperlukan untuk kegiatan yang berkaitan dengan pendeteksian atau pemindahan ranjau atau untuk tujuan penghancuran.

Namun demikian, Gedung Putih mengatakan bahwa pengecualian kebijakan ranjau darat AS di Semenanjung Korea akan tetap berlaku, mengingat kekhasan kawasan dan janji AS untuk membela Korea Selatan.

Baca Juga: Sebut Tanah Melayu, Mantan PM Malaysia Klaim Kepulauan Riau Adalah Milik Negeri Jiran

Militer AS tidak mengoperasikan ladang ranjau di Semenanjung Korea, tetapi mendukung ladang ranjau yang dikerahkan oleh Korea Selatan di sepanjang perbatasan antar-Korea untuk mencegah invasi Korea Utara.

Halaman:

Editor: Riedha Adriyana

Sumber: KBS World

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gempa Besar Akibat Sesar Baribis Ancam Jakarta

Sabtu, 25 Juni 2022 | 11:27 WIB

Daftar Negara Peserta Piala Dunia U-20 2023

Jumat, 24 Juni 2022 | 18:17 WIB
X