• Senin, 27 Juni 2022

Tiga Jenderal NII Divonis 4,5 Tahun Penjara Kasus Makar

- Kamis, 23 Juni 2022 | 16:30 WIB
PN Garut memvonis tiga 'Jenderal' Negara Islam Indonesia (NII), dengan hukuman 4,5 tahun penjara untuk dua terdakwa dan 1,5 tahun penjara. (Jurnal Garut PRMN)
PN Garut memvonis tiga 'Jenderal' Negara Islam Indonesia (NII), dengan hukuman 4,5 tahun penjara untuk dua terdakwa dan 1,5 tahun penjara. (Jurnal Garut PRMN)


KETIKNEWS.ID,-- Pengadilan Negeri Garut memvonis tiga 'Jenderal' Negara Islam Indonesia (NII), dengan hukuman 4,5 tahun penjara untuk dua terdakwa dan 1,5 tahun penjara untuk satu terdakwa.

Vonis disahkan karena ketiga terdakwa terbukti bersalah dalam kasus makar dan penghinaan terhadap lambang Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana, melakukan makar dan menghina lambang negara sebagaimana dimaksud dalam dakwaan kesatu primer," kata Ketua Hakim PN Garut Harris Tewa, pada sidang vonis di PN Garut, Kamis (23/6).

Baca Juga: Ridwan Kamil Berikan Edukasi 20 Remaja Terpapar Paham NII di Kab Garut

Melansir Antara, majelis hakim memvonis tiga terdakwa karena kasus mengaku sebagai tiga 'jenderal' NII dan melakukan makar.

Kemudian melakukan penghinaan terhadap lambang NKRI dan dengan sengaja menyebarkan ke media sosial seperti YouTube.

Tiga terdakwa warga Kecamatan Pasirwangi itu yakni Sodikin (48), dan Jajang Koswara (50) divonis hukuman 4 tahun enam bulan penjara, dan terdakwa Ujer Januari (70) divonis 1 tahun 6 bulan penjara.

Vonis majelis hakim terhadap terdakwa itu lebih rendah dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri Garut, yakni lima tahun untuk terdakwa Jajang Koswara dan Sodikin, dua tahun untuk terdakwa Ujer Januari.

"Terdakwa satu Jajang Koswara, terdakwa dua Sodikin alias Odik masing-masing selama 4 tahun dan enam bulan, dan terdakwa Ujer Januari dengan pidana selama satu tahun enam bulan," tuturnya.

Baca Juga: Polri Ungkap 77 Anak Dicuci Otak Berbaiat Kepada NII

Halaman:

Editor: Lucky Edwar

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gempa Besar Akibat Sesar Baribis Ancam Jakarta

Sabtu, 25 Juni 2022 | 11:27 WIB

Anies Baswedan: Grand Launching JIS Juli 2022

Kamis, 23 Juni 2022 | 19:16 WIB
X