• Senin, 27 Juni 2022

Tim Sanitasi dan Food Security Pastikan Makanan untuk Jemaah Haji Aman dan Miliki Sertifikat Kesehatan

- Kamis, 23 Juni 2022 | 18:11 WIB
Tim Sanitasi dan Food Security Daker Makkah, memastikan keamanan makanan yang dikonsumsi jemaah haji Indonesia. (Dok. Sehatnegeriku)
Tim Sanitasi dan Food Security Daker Makkah, memastikan keamanan makanan yang dikonsumsi jemaah haji Indonesia. (Dok. Sehatnegeriku)

KETIKNEWS.ID,-- Kementerian Kesehatan memastikan keamanan makanan yang dikonsumsi oleh jemaah haji indonesia.

Keamanan tersebut, dilakukan melalui inspeksi yang dilakukan tim Sanitasi dan Food Security kepada perusahaan penyedia katering jemaah haji.

Tim Sanitasi dan Food Security Daker Makkah, Lucky Aris Suryono, SKM, M.Kes mengatakan bahwa titik kritis pemeriksaan makanan dimulai dari sejak masa persiapan, salah satunya adalah memastikan bahwa petugas katering memiliki sertifikat kesehatan.

Baca Juga: Wapres: Al-Azhar Benteng Keislaman Moderat

“Disini titik kritisnya. Karena kita harus betul betul menjamin bahwa katering betul betul melaksanakan segala sesuatu nya sesuai dengan prosedur yang ada,” ungkap Lucky.

Dalam melakukan pemeriksaan, ada syarat syarat yang harus dipenuhi oleh perusahaan katering, mulai dari aspek bangunan, aspek sumber daya manusia (pekerja), hingga ke proses pengolahan makanan.

Di mana semuanya harus sesuai dengan standar kesehatan lingkungan. Proses penilaian dilakukan melalui form penilaian yang diisi oleh petugas.

Baca Juga: Meski Berwarna Merah, DLH Jabar Pastikan Cemaran di Sungai Cimeta Padalarang tak Berbahaya

“Dari sisi pekerjaannya juga harus kita lihat, pemilihan bahan makanannya, bagaimana cara penyimpanan, bagaimana cara pengolahannya. Sejauh mana mereka melakukan itu semua sesuai dengan standar kesehatan lingkungan yang ada” jelas Lucky.

Halaman:

Editor: Riedha Adriyana

Sumber: Sehat Negeriku

Tags

Artikel Terkait

Terkini

MUI Tetapak Vaksin Merah Putih Suci dan Halal

Senin, 27 Juni 2022 | 14:41 WIB
X