• Senin, 27 Juni 2022

Arkeolog Israel Temukan Reruntuhan Masjid berusia 1.200 Tahun

- Jumat, 24 Juni 2022 | 15:57 WIB
Reruntuhan masjid yang ditemukan para arkeolog Israel di Gurun Negev, Israel.
Reruntuhan masjid yang ditemukan para arkeolog Israel di Gurun Negev, Israel.

KETIKNEWS.ID,-- Para arkeolog Israel menemukan reruntuhan masjid kuno di Gurun Negev, Israel. Masjid itu diyakini berusia lebih dari 1.200 tahun.

Otoritas Barang Antik Israel (IAA) mengatakan, reruntuhan masjid itu ditemukan saat mengerjakan pembangunan lingkungan baru di kota Badui Rahat.

Dari penemuan reruntuhan masjid tersebut ditemukan ruangan persegi dan dinding menghadap ke arah Mekkah, dengan ceruk setengah lingkaran di dinding yang mengarah ke selatan.

Baca Juga: BMW Indonesia Resmikan Dealer Jual Beli Kendaraan Second Bersertifikat

“Fitur arsitektur unik ini menunjukkan bahwa bangunan itu digunakan sebagai masjid,” demikian pernyataan IAA, dilansir dari The Guardian.

Dari hasil penelitian diketahui jika Masjid tersebut didirikan di masa transisi dari Kristen ke Islam di kawsan itu. Masjid dimungkinkan menampung beberapa lusin jemaah sekaligus.

Selai itu, tidak jauh dari masjid, sebuah ‘bangunan mewah’ juga ditemukan, dengan sisa-sisa peralatan makan dan artefak kaca yang menunjukkan kekayaan penghuninya.

Tiga tahun lalu, Israel menemukan masjid lain di dekatnya dari era yang sama pada abad ketujuh hingga kedelapan Masehi. Israel menyebut, dua tempat ibadah Islam itu “di antara yang paling awal dikenal di seluruh dunia”.

Baca Juga: Pameran Hewan di Area Mal, Ciwalk Kota Bandung Hadirkan Wisata Edukasi 'AnimaLand'

Halaman:

Editor: Lucky Edwar

Sumber: Guardian

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ukraina di Bombardir Rusia ketika KTT G7 Digelar

Senin, 27 Juni 2022 | 11:52 WIB
X