• Senin, 27 Juni 2022

Akibat Pelonggaran Aturan Hijab, Banyak Perempuan Arab Saudi Potong Pendek Rambut Mereka

- Jumat, 24 Juni 2022 | 16:24 WIB
Potret Perempuan Arab Saudi yang memotong pendek rambutnya
Potret Perempuan Arab Saudi yang memotong pendek rambutnya

KETIKNEWS.ID,-- Semenjak negara Arab Saudi di bawah reformasi sosial yang di dorong oleh Putra Mahkota Mohammed bin Salman (MbS), putra Raja Salman, negara ini kini telah menetapkan aturan perempuan tidak lagi diharuskan memakai hijab.

Akibat dari pelonggaran aturan tersebut, membuat banyak perempuan Arab Saudi memotong pendek rambut mereka. Potongan rambut ini kemudian dikenal oleh warga lokal sebagai boy cut.

Tren gaya rambut boy cut menjadi populer di kalangan remaja dan perempuan di usia 20-an. Bahkan, banyak salon di Riyadh mengatakan permintaan potongan rambut ini meningkat setiap harinya. Meski begitu, lebih banyak perempuan pekerja yang meminta gaya rambut ini.

Baca Juga: WHO Konfirmasi 3.200 Kasus Cacar Monyet, Apakah akan jadi Masalah Global?

Banyak orang mengira perempuan di Arab Saudi memotong rambut mereka karena perubahan aturan terkait hijab. Namun, ada alasan lain mengapa para perempuan di Arab Saudi memotong rambut mereka.

Putra Mahkota Mohammed bin Salman ingin perekonomian negaranya keluar dari ketergantungan minyak.

Karena hal ini, Putra Mahkota Mohammed bin Salman telah membuat sebuah proyek yang disebut Visi 2030. Salah satu rencana dari proyek ini adalah dengan menetapkan target mempekerjakan perempuan sebanyak 30 persen dari total angkatan kerja di negara tersebut pada tahun 2030.

Baca Juga: BMW Indonesia Resmikan Dealer Jual Beli Kendaraan Second Bersertifikat

Namun, Arab Saudi telah melampaui target tersebut. Saat ini, sebanyak 36 persen dari total tenaga kerja di negara tersebut adalah perempuan. Bahkan, saat ini perempuan di Arab Saudi memiliki 42 persen usaha kecil dan menengah.

Halaman:

Editor: Lucky Edwar

Sumber: Beautynesia.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ukraina di Bombardir Rusia ketika KTT G7 Digelar

Senin, 27 Juni 2022 | 11:52 WIB
X