• Minggu, 14 Agustus 2022

Gempa Besar Akibat Sesar Baribis Ancam Jakarta

- Sabtu, 25 Juni 2022 | 11:27 WIB
Ilustrasi gempa bumi karena sesar baribis
Ilustrasi gempa bumi karena sesar baribis

KETIKNEWS.ID,-- Jakarta terancam gempa besar akibat keberadaan Sesar Baribis. Sesar ini membentang di Purwakarta, Karawang, Bekasi, sisi selatan Jakarta, Tangerang, sampai mentok di Banten.

Temuan ini terungkap dalam sebuah artikel bertajuk "Implications for Fault Locking South of Jakarta from an Investigation of Seismic Activity along The Baribis Fault, Northwestern Java, Indonesia" yang diterbitkan jurnal Scientific Reports Nature pada 16 Juni lalu. Artikel jurnal tersebut ditulis oleh Sri Widiyantoro bersama tim.

Riset itu menyebut bahwa Sesar Baribis di sisi barat yang dekat dengan Jakarta dalam keadaan terkunci. Temuan itu menunjukkan bahwa di masa depan Ibu Kota berpotensi mengalami gempa yang cukup besar.

Baca Juga: Dirjen PHU Kemenag Nilai Layanan Fast Track bagi Jemaah Haji Indonesia Luar Biasa

“Pengamatan ini menyiratkan bahwa Sesar Baribis bagian barat terkunci, dan daerah sekitarnya, termasuk Jakarta bagian selatan dan sekitarnya, mungkin sangat rentan terhadap gempa bumi yang cukup besar di masa depan ketika terakumulasi energi regangan elastis akhirnya dilepaskan selama patahan [tersebut mengalami] putus,” tulis riset tersebut, dikutip pada Sabtu (25/6/2022).

Temuan Sri Widiyantoro dan tim peneliti juga menunjukkan, Sesar Baribis ini kemungkinan besar aktif. Hal itu diketahui setelah para peneliti menyebar seismik lubang bor yang dilakukan di sepanjang Sesar Baribis.

Kondisi ini cukup mengkhawatirkan mengingat dalam peta bahaya nasional Indonesia belum mempertimbangkan kegempaan di sepanjang Sesar Baribis.

Baca Juga: Layanan Fast Track Dapat Sambutan Positif dari Jemaah Haji Indonesia

Sementara itu, Kepala Badan Mitigasi Gempa dan Tsunami Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Daryono mengamini temuan para peneliti tersebut. Dia mengatakan bahwa temuan itu teruji secara metodologi.

Halaman:

Editor: Lucky Edwar

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X