• Sabtu, 1 Oktober 2022

Dalam Perjalanan Menuju Jerman, Pesawat Presiden Jokowi Sempat Berputar-putar

- Selasa, 28 Juni 2022 | 09:48 WIB
Pesawat Presiden Jokowi dikabarkan memutar 360 derajat (Twitter @gerryS)
Pesawat Presiden Jokowi dikabarkan memutar 360 derajat (Twitter @gerryS)

KETIKNEWS.ID,-- Pesawat Garuda Indonesia (GIA-1) yang ditumpangi Presiden Joko Widodo dan rombongan menyedot perhatian masyarakat. Hal itu terjadi lantaran pesawat tersebut diketahui sempat berputar-putar dalam perjalanan ke Munich, Jerman, Minggu (26/6/2022) waktu setempat.

Pihak Istana Kepresidenan membuka suara terkait alasan pesawat yang membawa Jokowi itu tak harus berputar. Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin mengatakan insiden itu terjadi karena waktu ketibaan di Munich, Jerman, lebih cepat dari perkiraan.

"Hal itu berkaitan dengan waktu ketibaan di Munich, Jerman, dimana pesawat GIA-1 diperkirakan tiba lebih cepat dari slot waktu yang disediakan," kata Bey Machmudin dikutip Antara.

Baca Juga: Indonesia Siap Jadi Tuan Rumah FIBA Asia 2022

Penerbangan di sekitar wilayah Munich, Jerman, itu dilakukan agar waktu pendaratan pesawat Presiden Jokowi tepat sesuai dengan jadwal.

"Agar kedatangan pesawat GIA-1 sesuai dengan jadwal yang ditetapkan, pilot melakukan holding guna menyesuaikan waktu ketibaan, dengan tetap mengutamakan aspek keselamatan, keamanan dan kenyamanan penerbangan," tambahnya.

Tindakan pilot pesawat GIA-1 tersebut, lanjut Bey, sudah dikomunikasikan dan disetujui Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI M. Tonny Harjono yang turut serta dalam penerbangan tersebut.

Baca Juga: Pemprov DKI Jakarta Cabut Izin 12 Outlet Holywings

Presiden Jokowi dan rombongan tiba di Munich International Airport, Minggu (26/6/2022), sekitar pukul 18.40 waktu setempat. Cuaca cerah di Munich terpantau sekitar 28 derajat celcius saat Presiden Jokowi dan rombongan tiba di Ibu Kota Negara Bagian Bavaria tersebut.

Halaman:

Editor: Lucky Edwar

Sumber: ANTARA

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X