• Rabu, 5 Oktober 2022

Papua Tambah 3 Provinsi dan Ibu Kota Baru

- Kamis, 30 Juni 2022 | 10:34 WIB
DPR dan Pemerintah sepakat tiga RUU tentang pembentukan provinsi baru di Papua. (Kemenkeu RI/Cover Both Side)
DPR dan Pemerintah sepakat tiga RUU tentang pembentukan provinsi baru di Papua. (Kemenkeu RI/Cover Both Side)

KETIKNEWS.ID,-- Panitia Kerja RUU Daerah Otonomi Baru (BOD) Papua di DPR telah menetapkan Tiga provinsi baru di Papua, yaitu Papua Selatan, Papua Tengah dan Papua Pegunungan.

Ketiga Provinsi baru tersebut juga telah menetapkan ibu kotanya masing-masing. Ada Kabupaten Merauke untuk Provinsi Papua Selatan, Kabupaten Nabire untuk Provinsi Papua Tengah, dan Kabupaten Jayawijaya untuk Provinsi Papua Pegunungan.

Di samping itu, DPR juga sudah menyepakati wilayah-wilayah cakupan dari tiga provinsi baru tersebut. Wilayah dari Papua Selatan mencakup Kabupaten Merauke, Kabupaten Boven Digoel, Kabupaten Mappi, dan Kabupaten Asmat.

Baca Juga: Siap-siap, Pemerintah Akan Rehabilitasi 1051 Rumah tak Layak Huni di Seluruh Kecataman Kota Bandung

Provinsi Papua Tengah mencakup Kabupaten Nabire, Kabupaten Paniai, Kabupaten Mimika, Kabupaten Puncak Jaya, Kabupaten Puncak, Kabupaten Dogiyai, Kabupaten Intan Jaya, dan Kabupaten Deian.

Sedangkan untuk Papua Pegunungan encakup Kabupaten Jayawijaya, Kabupaten Pegunungan Bintang, Kabupaten Yahukimo, Kabupaten Tolikara, Kabupaten Mamberamo Tengah, Kabupaten Yalimo, Kabupaten Lani Jaya, dan Kabupaten Nduga.

Diketahui, Sempat terjadi perdebatan dalam penentuan ibu kota Provinsi Papua Tengah.

Baca Juga: TikTok Terancam Didepak dari Pusat Aplikasi

Menurut Ahmad Doli Kurnia, Ketua Komisi II DPR, perdebatan ini tampak dari pendapat bupati di delapan kabupaten Papua Tengah.

Halaman:

Editor: Lucky Edwar

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X