• Rabu, 5 Oktober 2022

Selain Vaksinasi PMK, Hewan yang Dinyatakan Sehat Akan Diberi Pembeda, Ini Tandanya...

- Kamis, 30 Juni 2022 | 11:04 WIB
Ilustrasi - Selain Vaksinasi PMK, Hewan yang Dinyatakan Sehat Akan Diberi Tanda. (Ayobandung.com/Algifari Tohaga Abdillah)
Ilustrasi - Selain Vaksinasi PMK, Hewan yang Dinyatakan Sehat Akan Diberi Tanda. (Ayobandung.com/Algifari Tohaga Abdillah)

KETIKNEWS.ID,-- Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bandung telah berupaya menekan kasus penyeberan penyakit mulut dan kuku (PMK).

Selain melakukan vaksinasi PMK terhadap hewan ternak, DKPP Kota Bandung juga akan memberi tanda untuk hewan yang dinyatakan sehat.

Salah satu pedagang hewan kurban di Kota Bandung, Endang Sukmara menyebut hewan kurban yang telah dinyatakan sehat akan diberikan pembeda, yakni mendapatkan kalung dari DKPP.

“Sebagai pembeda, hewan kurban yang sehat dipakaikan kalung bertuliskan ‘telah diperiksa oleh DKPP Bandung,’” tuturnya seperti dikutip dari laman Pemerintahan Kota Bandung.

Baca Juga: Papua Tambah 3 Provinsi dan Ibu Kota Baru

Di sisi lain, Endang mengaku lega karena pemerintah turut andil dalam menekan PMK ini.

“Sudah ada dokter yang hadir ke sini, dokter dari pemerintahan langsung dan ini gratis. Jadi setiap penjual di data untuk diperiksa hewan kurbannya secara berkala,” kata Endang yang berjualan di JL. R. H. Hasan Saputra Turangga.

Dari awal penjualan hingga saat ini, Enjang mengaku sudah mendapatkan 3 kali pemeriksaan dari DKPP Kota Bandung agar hewan yang akan dikubankan terhindar dari PMK yang telah menyebar pada beberapa hewan kurban.

“Terhitung sejak 20 hari yang lalu, hewan di sini sudah 3 kali diperiksa. Dari 30 ekor itu ada 29 ekor domba yang sehat dan ada satu ekor yang memang sedang sakit mata. Tetapi yang sakit itu tetap di pantau langsung oleh dokter yang biasa ke sini,” ungkapnya.

Halaman:

Editor: Riedha Adriyana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X