• Minggu, 14 Agustus 2022

Daftar Jalan untuk Pemadaman Listrik Satu Jam (Earth Hour) di DKI Jakarta

- Jumat, 1 Juli 2022 | 14:41 WIB
Aksi pemadaman listrik satu jam (earth hour) akan diberlakukan di beberapa ruas jalan di DKI Jakarta pada Sabtu (2/7). (Bonsernews.com/Pemprov Jakarta)
Aksi pemadaman listrik satu jam (earth hour) akan diberlakukan di beberapa ruas jalan di DKI Jakarta pada Sabtu (2/7). (Bonsernews.com/Pemprov Jakarta)

KETIKNEWS.ID,-- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memetakan sejumlah jalan protokol dan jalan arteri untuk pemadaman lampu selama satu jam (Earth Hour) pada Sabtu (2/7) besok mulai 20.30-21.30 WIB.

"Pemadaman lampu selama satu jam dalam rangka memberikan pesan edukasi supaya meningkatkan kesadaran masyarakat menghemat energi agar menjadikan Jakarta lebih lestari," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Asep Kuswanto di Jakarta, Jumat (1/7) dikutip dari Antara.

Asep menjelaskan aksi pemadaman lampu selama satu jam ini sebagai tindak lanjut implementasi lnstruksi Gubemur Provinsi DKI Jakarta Nomor 14 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Pemadaman Lampu Dalam Rangka Aksi Hemat Energi dan Pengurangan Emisi Karbon.

Baca Juga: Pemprov DKI Jakarta Cabut Izin 12 Outlet Holywings

Aksi pemadaman lampu tersebut, lanjut Asep, ditujukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam penghematan energi, penghematan ekonomi, serta penurunan emisi gas rumah kaca (GRK).

Dari hasil perhitungan PLN setelah dilakukannya pemadaman lampu, ternyata dapat mempengaruhi tiga hal tersebut.

Pada pelaksanaan pemadaman lampu pertama pada Maret 2022 berdasarkan penghitungan PLN, tercatat pemadaman lampu selama satu jam dapat menghemat konsumsi listrik sebesar 171,55 megawatt (MW).

Selain itu, menghemat ekonomi sebesar Rp247,8 juta dan penurunan emisi gas rumah kaca sebesar 160,23 ton CO2. Rencananya, pemadaman lampu akan dilakukan tiga kali dalam satu tahun.

Sedangkan pada pelaksanaan tiga kali selama 2021, pemadaman lampu menghemat konsumsi listrik sebesar 539,21 MW, hemat ekonomi Rp707,3 juta dan penurunan emisi gas rumah kaca sebesar 371,2 ton CO2.

Halaman:

Editor: Lucky Edwar

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X