• Sabtu, 1 Oktober 2022

Kanada Siap Dukung Kedaulatan Ukraina dalam Rapat Menlu G20 di Bali

- Kamis, 7 Juli 2022 | 14:26 WIB
Menlu Kanada, Melanie Joly  (Sekretariat Presiden)
Menlu Kanada, Melanie Joly (Sekretariat Presiden)

KETIKNEWS.ID,-- Kanada menyatakan dampak invasi Rusia ke Ukraina menjadi salah satu fokus bahasan pertemuan tingkat menteri luar negeri negara G20 di Bali hari ini, Kamis (7/6), dan besok.

Menteri Luar Negeri Kanada, Melanie Joly, mengatakan rapat menlu G20 kali ini tidak bisa berlangsung layaknya rapat-rapat terdahulu sebelum Rusia menggempur Ukraina.

Menurutnya, para menlu G20 bertemu ketika dunia sedang berjuang dengan tantangan yang sebelumnya tidak pernah terjadi seperti krisis perubahan iklim yang kian parah hingga pandemi Covid-19.

Baca Juga: PM Inggris Tolak Undurkan Diri Setelah 5 Menterinya Mundur

Situasi global pun diperburuk dengan "invasi ilegal Rusia ke Ukraina" yang menyebabkan meningkatnya krisis pangan dunia hingga inflasi di mana-mana.

"Pertemuan G20 ini berlangsung pada titik kritis dalam sejarah dan tidak akan bisa bussiness as usual. Dengan invasi ilegal Rusia ke Ukraina, Kanada harus muncul untuk menyerukan Rusia atas kebohongannya dan, dengan mitra kami yang memiliki pemikiran sama, memberikan solusi untuk mengatasi upaya Rusia menjadikan pangan sebagai senjatanya dan tantangan lain seperti perubahan iklim dan pandemi COVID-19," ucap Joly pada Selasa (5/7) seperti dikutip dari situs pemerintah Kanada.

Joly sendiri telah menyatakan akan hadir langsung dalam rapat di Bali hari ini. Dalam rapat, Joly akan menegaskan komitmen dan dukungannya terhadap kedaulatan dan integritas teritorial Ukraina.

Baca Juga: Antisipasi Kolesterol Tinggi, Pakar Kesehatan Ingatkan Batasi Asupan Daging saat Kurban

Kanada menuturkan kehadiran Joly di rapat G20 nanti memberikan kesempatan secara langsung melawan disinformasi rezim Rusia.

Halaman:

Editor: Lucky Edwar

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X